SBY: Tak Ada Deal Politik dengan Jokowi di Bali

Selasa, 02 September 2014 - 13:32 WIB
SBY: Tak Ada Deal Politik dengan Jokowi di Bali
SBY: Tak Ada Deal Politik dengan Jokowi di Bali
A A A
Presiden SBY mengaku tidak melakukan kompromi politik dengan Jokowi dalam pertemuan di Bali beberapa waktu lalu.

SBY mengatakan, pertemuan di Nusa Dua, Bali, Rabu 27 Agustus 2014 lalu itu adalah pertemuan resmi. Saat itu, dia menjelaskan kapasitasnya sebagai Presiden. Sementara kapasitas Jokowi (Joko Widodo) sebagai Presiden terpilih periode 2014-2019 atau Presiden ketujuh.

"Konteksnya itu. Bukan konteks politik, dan tidak ada deal politik apapun, sebagaimana yang dispekulasikan sejumlah kalangan," ujar Presiden SBY usai melakukan pertemuan dengan Koalisi Merah Putih di kediamannya, Puri Cikeas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/9/2014).

Tujuan dari pertemuan di Bali itu, lanjutnya, agar Jokowi mendapatkan kesiapan untuk mengemban tugas setelah dilantik pada 20 Oktober nanti.

"Menjadi kewajiban moral saya selaku Presiden yang sedang mengemban tugas untuk berikan penjelasan, keterangan tentang agenda kenegaraan dan agenda pemerintahan yang sedang berlangsung saat ini hingga awal tahun depan," ungkapnya.

Dengan demikian, SBY berharap pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla lebih siap mengemban tugas. Menurut dia, hal demikian bagian penting dari pematangan demokrasi.

"Dan ini tradisi politik yang hendak kita bangun. Saya punya pengalaman di masa lalu, tidak memungkinkan untuk sebuah transisi atau mengalami tradisi poiltik yang baik itu," katanya.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7468 seconds (0.1#10.140)