Kenaikan TDL Tak Terlalu Berdapak pada IKM dan UKM

Selasa, 02 September 2014 - 13:05 WIB
Kenaikan TDL Tak Terlalu Berdapak pada IKM dan UKM
Kenaikan TDL Tak Terlalu Berdapak pada IKM dan UKM
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Euis Saedah mengatakan, untuk kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), dirinya mengatakan pasti ada pengaruhnya terhadap IKM dan Usaha Kecil menengah (UKM) namun tetap bisa diantisipasi.

"Ya, ini pasti berpengaruh. Tapi sekarang ini kelihatannya, kita lebih bijaksana ya, karena jauh-jauh hari yang lalu sudah kita beritahu bahwa ini listrik akan naik secara bertahap. Sehingga para usaha kecil menengah termasuk IKM, sudah melakukan positioning," ujar dia di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Menurutnya, dirinya sudah telpon beberapa UKM dan IKM yang mana soal pengaruhnya, dan mereka (para pelaku usaha) tetap mengatakan ada pengaruhnya.

"Tapi sekali lagi saya bilang sama mereka, UKM itu kan sangat fleksibel. Dan mereka juga sebenanya tidak terlalu boros dalam pemakaian listrik. Yang agak banyak memakai listrik itu adalah industri fashion," ujar dia.

Tapi industri fashion, lanjut dia, keuntungannya lebih banyak dari keuntungannya desain. Tapi biaya desain pabrik fashion itu lumayan hasilnya.

"Mereka bisa agak longgar untuk urusan desain. Sehingga kalau ada kenaikan-kenaikan ini tidak terlalu terasa besar," ujar dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5775 seconds (0.1#10.140)