Usut Tuntas Dugaan Penyelewengan Pembangunan Pasar Cibinong

Senin, 01 September 2014 - 21:04 WIB
Usut Tuntas Dugaan Penyelewengan Pembangunan Pasar Cibinong
Usut Tuntas Dugaan Penyelewengan Pembangunan Pasar Cibinong
A A A
BOGOR - Aliansi Pergerakan Rakyat Bogor (APRB) meminta aparat penegak hukum untuk mengusut dugaan penyelewengan dalam pembangunan Pasar Cibinong.

Menurut Ketua APRB Ruhiyat Sujana, PD Pasar Tohaga perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Bogor seharusnya menjadi lembaga yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat (pedagang lokal) dan bisa berkontribusi terhadap pendapatan untuk Pemkab bogor.

Akan tetapi realitasnya tata kelolanya amburadul ini bisa dilihat dari tata kelola infrastruktur bangunan terkesan kumuh, semeraut dan kotor.

Salah satunya seperti yang terlihat dalam pembangunan Pasar Cibinong yang telah mulai dioperasionalkan pada Agustus 2014 ini.

Dimana sampah terlihat sudah sangat menumpuk di sisi belakang pasar tersebut hal ini dapat dilihat dari pintu masuk lewat Jalan Raya Jakarta - Bogor.

Selain itu, pembangunan lahan parkir disisi barat pasar tersebut yang menyerobot lahan milik Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat.

"Maka dengan ini kami mendorong Pemkab Bogor untuk mengevaluasi PD Pasar Tohaga, serta mendesak agar aparat penegak hukum jangan menutup mata dan segera turun untuk melakukan penyelidikan, " kata Ruhiyat.

Sementara Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KP) Priharsa Nugraha menyatakan bisa saja KPK menyelidiki kasus dugaan korupsi di Kabupaten Bogor jika data yang diberikan atau dilaporkan ke KPK cukup dan lengkap.

"Ya tentunya kita lihat dulu jika memang cukup ditangani oleh pihak kejaksaan maupun kepolisian. Tentunya mereka bisa menanganinya. Jika kesulitan tentunya kita bisa lakukan supervisi, " kata Priharsa kepada Sindonews.

Sementara itu Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Cahya Vidiadi ketika dihubungi Sindonews lewat telepon tidak menjawab.

Namun pak Dirut PD Pasar Tohaga membalas dengan SMS yang bunyinya, untuk Pasar Cibinong seluruh perizinan sudah ditempuh mulai IPPT, IMB, Amdal, UKL dan IPL. Sekarang sedang pemindahan dan penataan serta pengoperasionalan pasar mohon doa restunya.

Terpisah Kepala Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat Supriatno mengaku berterima kasih atas informasi yang diberikan Sindonews.

"Ya untuk selanjutnya saya akan turunkan tim ke Kabupaten Bogor untuk mengecek informasi tersebut, " katanya kepada Koran Sindo Jabar.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7403 seconds (0.1#10.140)