Pasukan Ukraina Bertempur dengan Tank-tank Rusia

Senin, 01 September 2014 - 17:54 WIB
Pasukan Ukraina Bertempur dengan Tank-tank Rusia
Pasukan Ukraina Bertempur dengan Tank-tank Rusia
A A A
LUHANSK - Pemerintah Ukraina pada Senin (1/9/2014), mengatakan bahwa pasukan mereka sedang bertempur dengan tank-tank Rusia di dekat Bandara Luhansk, Ukraina timur.

Presiden Ukraina, Petro Poroshenko menuduh Moskow melakukan seragan langsung dan terbuka terhadap negaranya.

Poroshenko, yang berbicara di sebuah akademi militer di Kiev, mengatakan keterlibatan langsung Rusia dalam perang melawan separatis di Ukraina timur telah membuat situasi tidak seimbang di medan perang. Itulah alasan mengapa pasukan Ukraina menarik diri di beberapa wilayah di Ukraina timur. (Baca: Ukraina-Rusia di Ambang Perang, Obama Didesak Pasok Senjata)

”Agresi langsung dan terbuka telah diluncurkan melawan Ukraina, sebagai negara tetangga. Situasi di sona konflik ini telah berubah dengan cara yang radikal,” ujarnya seperti dikutip Reuters.

Penasihat Dinas Keamanan Ukraina, Anton Gerashchenko, mengatakan, tragedi sudah dekat di Ilovaysk. ”Setelah (Presiden Rusia Vladimir) Putin membawa pasukan regulernya ke Ukraina,” ujarnya.

”Ada 500 pasukan dikerahkan di Ilovaysk. Rusia datang dengan kekuatan unggul, baru dan dengan amunisi yang lengkap,” katanya. ”Orang-orang kami hanya menyerah ketika mereka sudah kehabisan amunisi.”

Militer Ukraina membenarkan, bahwa saat ini pertempuran terus terjadi dekat Bandara Luhansk, dan kota-kota lain di kawasan sekitar. ”Pasukan Ukraina memerangi batalyon tank angkatan bersenjata Rusia untuk mempertahankan bandara,” bunyi pernyataan militer Ukraina.

Pihak Rusia belum memberikan komentar atas klaim dari Ukraina, bahwa telah terjadi perang antara pasukan Ukraina dengan batalyon tank Rusia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4828 seconds (0.1#10.140)