Ilmu Cipayung Antar Marin Juara Dunia

Senin, 01 September 2014 - 15:14 WIB
Ilmu Cipayung Antar Marin Juara Dunia
Ilmu Cipayung Antar Marin Juara Dunia
A A A
JAKARTA - Carolina Marin dengan sekejap membuka mata dunia bahwa olahraga bulu tangkis bukan hanya didominasi pemain Asia saja, Eropa pun bisa mencetak sejarah di Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Copenhagen, Denmark.

Setelah era Denmark tenggalam bak ditelan bumi, Spanyol justru berhasil melahirkan bakat baru di cabang olahraga bulutangkis ini. Marin adalah salah satu nama yang menjadi sorotan dunia usai merebut medali emas pertama bagi Spanyol dan dirinya, sejak ajang bergengsi digelar pada 1977 lalu.

Perjalanan Marin di ajang bergengsi ini terbilang tidak mudah. Berstatus sebagai pemain non-unggulan membuat pebulutangkis Spanyol ini dipaksa kuras keringat setiap kali menjalani pertandingan.

Namun, berkat pengalamannya sewaktu menimba ilmu di Pelatnas Cipayung pada tahun lalu. Marin seolah menjelma bak seorang pemain kelas dunia yang patut diwaspadai.

Pasalnya, dia mampu menjungkalkan sejumlah pebulutangkis beken di Kejuaraan Dunia yang digelar di Copenhagen, Denmark seperti Wang Yihan (unggulan ketiga China), Tai Tzu Ying (Taiwan/8), Sindhu P. V. (India/11), dan terakhir Li Xuerui (China/1).

Menengok pertandingan final melawan Li, Marin sebenarnya tidak diunggulkan sama sekali. Tercatat dari tiga pertemuan terakhir, wakil Spanyol itu selalu menelan kekalahan.

Meski begitu, ilmu yang didapat dari pelatih berpengalaman di Cipayung, membuat pebulutangkis kidal ini tampil agresif. Dan, dia mampu memberikan perlawanan yang sengit terhadap pemain peringat satu dunia, sebelum akhirnya menutup pertandingan dengan rubber game 17-21, 21-17, 21-18.

"Ini bukan hanya untuk saya, tapi untuk seluruh masyarakat Spanyol, pelatih dan federasi bulu tangkis di sana. Beberapa orang datang dari Spanyol hanya untuk mendukung saya dan itu bagus. Salah satu tujuan saya adalah mendapatkan medali dan saya sudah melakukan itu," kata Marin, peringkat sepuluh dunia dikutip straitstimes, Senin (1/9).

Biodata :

Nama
Carolina Marin
Tempat/Tgl Lahir
Huelva, Spanyol, 15 Juni 1993
Prestasi :
1. Medali Emas di Kejuaraan Dunia 2014
2. Medali Emas di Kejuaraan Dunia Eropa 2014
3. Medali Perunggu di Kejuaraan Dunia Junior 2011
4. Medali Emas di Kejuaraa Dunia Junior Eropa 2011
5. Medali Emas di Kejuaraan Dunia U-17 2009
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3836 seconds (0.1#10.140)