Adu Kekuatan Sayap

Minggu, 31 Agustus 2014 - 15:30 WIB
Adu Kekuatan Sayap
Adu Kekuatan Sayap
A A A
MAKASSAR - Skuad Juku Eja PSM, akan mentang Putra Samarindah di kandangnya pada lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) hari ini. Laga tersebut juga bakal mempertontongkan pertarungan kecepatan sayap kedua tim.

Putra Samarinda merupakan tim, yang dikenal memiliki pemain sayap depan yang cepat. Pasalnya, tim asal Kalimantan timur tersebut, selalu mengorbit pemain lokalnya. Sebut saja winger kanannya yakni Bayu Gatra. Pemain berusia 22 tahun tersebut kini membela tim nasional Indonesia U-23. Kecepatannya, di sektor sayap dianggap mampu membahayakan pertahanan lawannya.

Selain itu, di sektor kiri Pusam, Sultan Samma juga harus menjadi pertahatian khusu. Pasalnya, dilaga sebelumnya di kandang Persepam Madura, sepakan pemain ini mampu meredam kemenangan Persepam di kandangnya hingga mereka bermain 1-1.

Sementara dikubu PSM, kedua wingernya juga cukup gesit. Yakni, M Rahmat di sektor kiri, pemain kelahiran kabupaten Takalar tersebut, menjadi ancaman tersendiri buat pertahanan lawan. Dari sektor kiri, pemain ini sudah membukukan empat gol, sejak dipercayakan turun sebagai starter diawal putaran kedua lalu. Selain itu, di sisi kanan, ada Kurniawan Karman. Pemain muda PSM ini juga telah memperlihatkan perfoman yang meningkat dari tiap pertandingan.

Pada laga sebelumnya, kedua pemain sayap PSM, terbukti ketajamannya. Menski menggantung satu striker target man yakni Mamadou Lamarana Diallo, namun 3 gol saat melibas Persela Lamongan 3-1 diciptakan dari kedua pemain sayap ini. Dua gol dibukukan oleh M Rahmat dan satu gol lainnya diciptakan dari kaki Kurni. Untuk itu, kedua pemain ini tetap dipercaya sebagai starter.

Dilaga kali ini juru taktik PSM dipastikan bermain ofensif, selain itu pola 4-3-3 juga tetap dimainkan. Pasalnya, sejak melakukan persiapan di Makassar Pasukan Ramang mematangkan pola tersebut. Bukan hanya itu, pola ini lebih dimengerti oleh punggawa Juku Eja. Sementara Pusam, diprediksi bakal menggunakan pola yang sama, kendati demikian, anak asuh Nil Maizar ini juga kerap menggunakan pola 4-4-2 yang juga mengandalkan kecepatan sayapnya.

Pelatih PSM Assegaf Razak mengatakan, memang dirinya mempersiapkan timnya sebaik mungkin. Apalagi, dirinya mengaku sudah memiliki gambaran kekuatan lawannya. Untuk itu, dia sudah mempersiapkan skuadnya untuk mengantisipasi hal tersebut. "Apalagi, komposisi pemain Pusam, tidak banyak berubah seperti putaran pertama lalu," kata dia saat dikonfirmasi.

Meski demikian, dirinya juga sudah mengasah pola dan taktik para pemain sayapnya agar bisa diterapkan saat menjalani laga tersebut. Bukan hanya itu, dirinya mengaku tetap akan menurunkan dua pemain lokalnya di sayap yang punya kecepatan yakni Rahmat dan Kurni. "Tinggal anak-anak diharap supaya bisa fight," ujarnya.

Laga ini memang sangat penting buat PSM. Pasalnya, poin di Kalitim ini, akan menjadi penentu buat langkah tim tertua di Indonesia tersebut. Apa akan terhenti atau melanggeng kebabak perdelapan final. Apalagi, PSM sudah masuk diempat besar dengan mengoleksi 25 poin dari 18 pertandingan.

Sementara itu, gelandang sayap PSM Kurniawan Karman mengaku, memang dirinya kembali bakal dipercaya disayap kanan untuk membantu serangan. "Iya tetap saya di sayap kanan," kata pemain muda kelahiran Kabupaten Gowa ini.

Kendati demikian, dirinya berharap bisa maksimal dilaga tersebut, seperti pasa laga sebelunmya saat mencetak satu gol ke gawang Persela Lamongan hingga PSM menang 3-1. "Doakan saja, mudah-mudahan bisa menjalankan tugas," tukas mantan pemain tim nasional ini.

Sementara penasehat Teknik PSM Abdi Tunggal mengatakan, memang Pusam memiliki kekuatan di sisi sayapnya. Untuk itu, pemain bertahan harus matikan Bayu Gatra di sektor kanan. "Pemain ini punya kelincahan dan kecepatan, jadi memang harus diwaspadai," kata dia.

Untuk itu, kemanampun pemain ini bergerak harus selalu dalam pengawasan pemain karena pemain satu ini juga punya pergerakan yang luas. "Selain itu, strikernya juga harus dimatikan yakni Illija Spasojevic," ujarnya.

agus nyomba

Head to Head Pemain

PSM

Striker sayap
Nama : M Rahmat
Jumlah bermain : 11 kali
Jumlah gol : 5
Posisi : striker sayap kiri

Nama : Kurniawan Karman
Jumlah bermain : 10 kali
Jumlah gol : 2
Posisi : striker sayap kanan.

Putra Samarindah

Nama : Bayu Gatra
Jumlah bermain : 18 kali
Jumlah gol : 3
Posisi : striker sayap kanan

Nama : Sultan Samma
Jumlah bermain : 14 kali
Jumlah gol : 3
Posisi : striker sayap kiri
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7678 seconds (0.1#10.140)