Ketika Pemain Barongan Kesurupan

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 19:34 WIB
Ketika Pemain Barongan Kesurupan
Ketika Pemain Barongan Kesurupan
A A A
KENDAL - Belasan remaja pemain kesenian tradisional Barongan kesurupan dan histeris. Peristiwa itu terjadi saat mengikuti karnaval pembangunan di Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah.

Pemain kesenian Barongan ini mendadak terjatuh saat memainkan Barongan, Sabtu (30/8/2014). Sejumlah pemuda lainnya mencoba menenangkan pemain Barongan tersebut dengan memegang erat tangan dan kakinya. Pemain Barongan yang merupakan kesenian khas Kendal ini tetap meronta dan berteriak mengikuti irama musik.

Tidak hanya pemain Barongan yang mengalami kesurupan. Sejumlah peserta pawai yang kebanyakan remaja ikut meronta-ronta. Suasana menjadi riuh karena peserta yang kesurupan berlari mengejar penonton.

Beruntung, di setiap tim kesenian tradisional ini ada seorang yang bertugas menyadarkan pemain dan peserta yang kesurupan. Setelah disembur air dan dibacakan mantera, pemain kemudian sadar dan kembali memainkan Barongan.

Hiburan Barongan di karnaval ini merupakan yang ditunggu-tunggu warga. Bahkan, warga dari daerah lain rela datang hanya untuk menyaksikan kesenian tradisional ini.

Menurut Suparto, salah seorang warga, kesenian tradisional ini selalu diwarnai kesurupan pemain dan aroma mistik.

Untuk menenangkan pemain yang kesurupan tidak mudah karena butuh tenaga ekstra mengusir pengaruh gaib yang masuk ke tubuh pemain. Sehingga tidak jarang rekan-rekan yang mencoba menenangkan kewalahan melawan kekuatan gaib dari dalam tubuh pemain Barongan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5616 seconds (0.1#10.140)