PKB Tak Dinamis Lagi sejak Dipimpin Muhaimin Iskandar

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 21:16 WIB
PKB Tak Dinamis Lagi sejak Dipimpin Muhaimin Iskandar
PKB Tak Dinamis Lagi sejak Dipimpin Muhaimin Iskandar
A A A
JAKARTA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dinilai sudah tidak dinamis lagi sejak dipimpin Muhaimin Iskandar. Indikatornya ketika aktor politik di parlemen membuat kebijakan baru, PKB selalu manut.

Direktur Riset Indo Barometer, Muhamad Yusuf Kosim mengatakan, selama ini tidak ada sikap berbeda yang diambil PKB dengan penguasa.

"Sejak 2004 saat berkoalisi dengan SBY, partai ini sudah tidak dinamis," ujar Yusuf di Aula Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (30/8/2014).

Bahkan, kata Yusuf, prestasi pria yang biasa disapa Cak Imin itu tidak menorehkan sesuatu yang signifikan pada Pemilu Legislatif dan Pilpres 2014 dalam mendongkrak perolehan suara PKB sebesar 5%.

"Partai ini sudah habis. Orangnya ada, tapi kebijakan spektakuler apa yang dibuat di parlemen sejak Cak Imin jadi pimpinan PKB. Hal ini juga yang akan saya cermati ketika PKB berkoalisi dengan PDIP di Pilpres 2014," ucapnya.

Menurutnya, perolehan suara PKB naik menjadi 5% bukan berkat kerja keras Cak Imin, namun berkat para kiai Nahdatul Ulama (NU). "Kepentingan mereka adalah bagaimana mempertahankan ideologi ahlusunah waljamaah tetap ada di parlemen," terangnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8506 seconds (0.1#10.140)