Aksi Seniman di Jalan Protokol Pamekasan

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 18:00 WIB
Aksi Seniman di Jalan Protokol Pamekasan
Aksi Seniman di Jalan Protokol Pamekasan
A A A
PAMEKASAN - Para seniman dari Sanggar Seni Makan Ati menggelar aksi teatrikal dan musikalisasi puisi, Sabtu (30/8/2014). Uniknya, bukan panggung yang mereka jadikan sebagai tempat untuk mengekspresikan karya seninya.

Sejumlah seniman ini memilih jalan protokol di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, sebagai tempat untuk menunjukkan aksinya. Tak pelak kondisi ini mendapat perhatian dari masyarakat, khususnya para pengguna jalan yang melintas.

Masyarakat melihat tontotan gratis ini dengan nyaman, meskipun terik matahari menyengat ubun-ubun mereka. Para seniman terus berpuisi dan melakukan aksi teatrikal.

"Bagus juga dan kreatif, Mas para seniman dalam mengekspresikan karya seninya. Mungkin dengan dilakukan model seperti ini tidak membuat orang bosan, melainkan tambah menarik," terang salah seorang pengendara motor, Mustofa.

Ia menambahkan, para pekerja seni memang harus mampu menciptakan sesuatu yang beda dan menarik. Sehingga, masyarakat senang dalam melihat karyanya.

"Selain lokasinya yang unik, karya seni yang ditampilkan bagus. Jadi, saya tidak percuma berdiri panas-panas di sini, karena aksinya bagus," kata Mustofa.

Salah seorang panitia, Sukardi, menyatakan kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat pada puisi. Sebab, saat ini kecintaan masyarakat pada puisi mulai luntur.

"Salah satu puisi yang ditampilkan karya dari sastrawan asal Madura D Zawawi Imron, yang dikenal dengan julukan Si Celurit Emas," terang Sukardi.

Mereka yang terlibat kegiatan ini memakai pakaian tradisional Madura, diiringi musik tradisional Saronen dan Tong-tong. Sebagian besar pesertanya berasal dari kalangan pelajar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5622 seconds (0.1#10.140)