Kiat Sukses Menjalankan Bisnis di Rumah

Sabtu, 30 Agustus 2014 - 08:24 WIB
Kiat Sukses Menjalankan Bisnis di Rumah
Kiat Sukses Menjalankan Bisnis di Rumah
A A A
SUKSES bekerja dan berbisnis di rumah menjadi dambaan bagi sebagian banyak orang. Anda bisa menjadi bos untuk diri sendiri, serta memiliki keistimewaan waktu dan tempat.

Namun, tidak mudah meraih sukses dari usaha ini. Anda harus disiplin, memiliki motivasi, dan menyiapkan diri. Jika Anda berpikir bekerja di rumah berarti memiliki kebebasan untuk melupakan diri dan bangun tanpa mengatur alarm, itu salah besar.

Tapi, bagi sebagian orang bisnis di rumah relatif tidak menjadi masalah. Ini karena mereka memiliki motivasi, dan prinsip bahwa keberhasilan atau kegagalan terletak di pundak sendiri.

Berikut kiat sukses mendapatkan hasil maksimal bekerja dan bisnis di rumah versi situs entrepreneur:

1. Mulailah setiap hari seperti Anda akan bekerja

Dimulai dengan mandi, berpakaian dan makan pagi. Menetapkan standar profesional akan menempatkan Anda dalam pola pikir yang produktif.

2. Mengatur kantor Anda

Sangat penting bagi Anda membuat ruang khusus untuk bekerja di tempat yang nyaman, dan terhindar dari gangguan. Ruangan ini adalah milik Anda sehingga dibuat pribadi. Karena Anda akan menghabiskan banyak waktu di sana.

Anda juga harus memiliki semua alat yang dibutuhkan, seperti komputer, telepon dan printer, di satu tempat. Menyiapkan kantor Anda berarti menyiapkan batas dengan orang-orang (bahkan hewan peliharaan). Anda berbagi rumah dengan orang terdekat, sehingga mereka mengerti ketika Anda sedang memiliki waktu luang atau tidak. (Baca: 10 Poin Harus Diperhatikan Pengusaha Pemula)

3. Mulailah hari Anda 30 menit lebih awal


Dimulai dari rencana kerja Anda. Dapat digunakan untuk membuat rencana harian dan membaca dengan teliti media sosial setiap pagi. Membuat daftar apa saja yang perlu dicapai hari itu. Hal tersebut akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan tugas. Ingat, tidak ada bos yang mencari dan melewati bahu Anda, sehingga Anda harus mengawasi diri sendiri.

4. Pikirkan Anda melakukan pekerjaan terbaik


Bekerja dimulai pada tugas yang paling sulit dan tidak menyenangkan. Ini karena kita semua memiliki tugas berat, apakah Anda bekerja untuk diri sendiri atau orang lain. Sore hari, baru melakukan hal-hal yang dapat dinikmati, seperti tugas kreatif, sehingga Anda melakukan pekerjaan terbaik.

5. Buatlah jadwal yang ketat, dan tepatilah

Pengetahuan bahwa Anda dapat bekerja kapan saja akan menggoda. Tetapi dalam jangka panjang, Anda akan jauh lebih produktif jika mengikuti jadwal yang ditetapkan untuk diri sendiri.

Hal tersebut berarti Anda harus menjaga jam yang sama setiap hari. Ini adalah pekerjaan. Dalam menggeluti bisnis, jam Anda harus sesuai dengan orang lain.

6. Tetap terhubung


Bekerja dari rumah bisa kesepian. Hidupkan Skype atau alat komunikasi serupa, serta membiasakan menggunakannya. Setiap pagi karyawan dapat menggunakan Skype atau alat komunikasi lainnya untuk pertemuan dengan Anda. Pada kesempatan itu pastikan untuk bertanya, mulai dari masalah bisnis hingga isu-isu lain.

Tidak perlu banyak usaha untuk check-in atau bertemu langsung dengan orang-orang yang bekerja dengan Anda. Berada di kamera secara insentif adalah hal terbaik. Anda dapat melihat orang-orang, tampak tidak begitu jauh.

7. Berkomunikasi dengan tim Anda sepanjang hari

Hidupkan skype atau lain komunikasi lainnya sepanjang waktu, dan Anda meminta karyawan untuk melakukan hal sama. Anda bisa membagikan tugas pada awal pekan, dan berkomunikasi lebih sering. Karyawan lebih baik ketika Anda aktif mengelolanya.

8. Menutup pintu kantor


Ini bisa sangat sulit dilakukan. Anda akan terus bekerja setelah jam yang ditetapkan habis. Ini karena setelah semua selesai kantor masih dapat diakses dengan mudah di akhir pekan.

Jika tidak meluang waktu untuk diri sendiri atau keluarga, bisnis Anda justru akan menderita. Tidak bagus bekerja pada obsesi dengan bekerja lebih dari 40 jam. Jadi, beri diri Anda waktu untuk istirahat dan keluar rumah di akhir pekan. Ini adalah satu-satunya cara menjaga kebugaran dan pikiran Anda. (Baca: Manfaat Liburan bagi Pelaku Bisnis)

Jika semua hal di atas dilakukan, bekerja dari rumah sangat bermanfaat. Anda tidak akan pusing dengan macetnya lalu lintas, politik di kantor, dan memiliki kebebasan hidup di manapun. Jika fokus dan menciptakan struktur, Anda akan kagum berapa banyak tugas yang dapat diselesaikan di dalam rumah.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1042 seconds (0.1#10.140)