Bayi Ammar Perlu Pedonor Cangkok Hati

Senin, 25 Agustus 2014 - 22:25 WIB
Bayi Ammar Perlu Pedonor Cangkok Hati
Bayi Ammar Perlu Pedonor Cangkok Hati
A A A
DEPOK - Bayi Kaffie Ammar penderita kelainan hati saat ini membutuhkan pendonor hati. Ammar sendiri akan menjalani operasi setelah bobotnya 10 kg.

Ayah Ammar, Romli menuturkan tak ada kelainan apapun pada anaknya sejak awal. Saat kehamilan istrinya pun ia selalu mendampingi untuk memeriksakan ke dokter kandungan rutin setiap bulan.

"Istri saya selalu cek kehamilan setiap bulan, ke dokter juga, tidak pernah ada masalah apapun, minum soda atau makan fast food juga enggak pernah," tuturnya di rumahnya, Senin (25/08/2014).

Tante Ammar atau adik dari ibunda Ammar, Yeti Kurniasih mengatakan saat ini Ammar memerlukan pendonor hati untuk dilakukan cangkok hati. Cangkok hati terhadap Ammar harus memenuhi berbahai persyaratan medis.

"Cangkok hati minimal 10 kilogram berat badannya, saat ini masih 6,7 kilogram. Pas usia 7 bulan nanti di cek lagi, kalau belum 10 kilogram juga, mau enggak mau harus secepatnya," ungkapnya.

Rahmawati menambahkan pendonor hati diutamakan dari anggota keluarga dengan golongan darah A. Namun di dalam keluarga Ammar tidak ada yang bergolongan darah sama kecuali kakak Ammar, itupun harus berusia minimal 20 tahun.

"Abangnya A tapi masih SD, minimal 20 tahun. Jadi enggak rekomen. Namun sudah beberapa orang bersedia," jelasnya.

Namun sejauh ini kondisi kesehatan Ammar masih bisa terkontrol ditambah dengan daya imun Ammar yang baik dengan diberikan ASI eksklusif. Pihak keluarga menjaga betul kondisi Ammar jangan sampai terjadi pendarahan.

"ASI-nya bagus, kami semangati ibunya agar jangan stres dan ASInya mengering," paparnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6962 seconds (0.1#10.140)