TNI Siap Bantu Eskavasi Situs Gunung Padang

Senin, 25 Agustus 2014 - 18:36 WIB
TNI Siap Bantu Eskavasi Situs Gunung Padang
TNI Siap Bantu Eskavasi Situs Gunung Padang
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Moeldoko menerima Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Tim tersebut terdiri dari Dr Danny Hilman yang mewakili Staf Presiden Andi Arief.

Dalam sambutannya, Moeldoko mengatakan, TNI mengapresiasi apa yang telah dilakukan Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang dan siap membantu proses eskavasi.

“Saya sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait dan sudah disampaikan kepada Presiden RI," kata Moeldoko melalui pers rilis yang diterima Sindonews, Senin (25/9/2014).

"Selanjutnya TNI akan membantu personel dan materiil untuk kegiatan percepatan pemugaran situs Gunung Padang,” imbuhnya.

Dr Danny Hilman menjelaskan, situs prasejarah Gunung Padang mulai ramai dibicarakan publik, setelah Tim Terpadu Riset Mandiri yang diinisiasi oleh Andi Arief.

Menurutnya, tim ini telah menemukan bangunan yang tertimbun di bawah situs Gunung Padang yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat.

“Tim tersebut terdiri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemen Parekraf), Kementerian ESDM," ucapnya.

"Kemudian Gubernur Jawa Barat, Bupati Cianjur dan TNI Angkatan Darat. Nantinya, situs Gunung Padang akan dimanfaatkan untuk kepentingan edukasi dan juga obyek wisata,” kata Dr Danny.

Menurut Dr Danny, Gunung Padang adalah kunci pembuka misteri leluhur bangsa dari zaman es.

"Situs bangunan Gunung Padang adalah aset negara yang sangat penting untuk revitalisasi sejarah dan jati diri bangsa. Oleh karena itu layak untuk dijadikan aset vital strategis," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7532 seconds (0.1#10.140)