Bergantung Alcorse Bahayakan Mahesa Jenar

Selasa, 26 Agustus 2014 - 05:09 WIB
Bergantung Alcorse Bahayakan Mahesa Jenar
Bergantung Alcorse Bahayakan Mahesa Jenar
A A A
SEMARANG - PSIS Semarang selama putaran Grup 4 sangat tergantung kepada sosok Julio Alcorse. Pemain asal Argentina itu selama ini menjadi starting eleven Mahesa Jenar di lini depan.

Dengan formasi 4-2-3-1 selalu diterapkan, peran Alcorse belum tergantikan menjadi striker tunggal, baik oleh Harry Nur maupun Saptono, striker lainnya. Eks pemain Persijap Jepara itu tercatat telah tampil 10 kali dari 14 laga bersama Mahesa Jenar.

Dari total penampilannya, pemain kelahiran Santa Fe, Argentina, 17 September 1981 itu sudah mampu menceploskan 8 gol untuk Mahesa Jenar. Ini bukan capaian buruk karena dia menjadi top skor di tim dengan jersey biru-biru ini di atas Harry Nur dengan koleksi 5 gol.

Selama ini, Mukri atau Harry Nur biasa disapa, selalu menjadi pelapis Alcorse. Dia sebelumnya pernah absen saat laga kandang kontra Persiku dan Persis Solo karena mengalami cedera paha. Kemudian di sisa fase grup, juga absen saat kontra PSIR Rembang dan Persipur Purwodadi karena itu laga tidak menentukan sehingga tim pelatih lebih menurunkan pemain cadangan.

Tim Kota Atlas ini sejak awal putaran pertama memang masih meraba-raba formasi. Dari tadinya menggunakan 4-4-2, lalu 4-3-3, dan pilihan terakhirnya jatuh pada formasi 4-2-3-1, dengan memperkuat barisan tengah, dan satu striker di depan.

Ketergantungan kepada satu pemain depan bisa membahayakan Mahesa Jenar karena lawan yang akan dihadapi pada babak 16 besar juga sangat berat. Terlebih lagi, pemain jangkung tersebut juga beberapa kali mengalami cedera paha.

Direktur Teknik PSIS Setyo Agung Nugroho menyatakan, timnya tidak bergantung pada sosok Julio Alcorse pada setiap pertandingan. Permainan sepak bola itu kolektivitas, tidak hanya mengandalkan satu pemain, apalagi ini kompetisi yang panjang. Terbukti pemain belakang, tengah dan depan bisa mencetak gol.''Berbahaya kalau mengandalkan satu orang, ini repot,''tandas Setyo Agung.

Menurut dia, tim pelatih tentunya sudah memiliki pemain pelapis pada masing-masing pos. Semisal jika Alcorse cedera, siapa yang layak diturunkan. Begitu juga jika pemain kunci Ronald Fagundez dan Frankey Mahendra di barisan tengah tidak bisa turun, harus ada pengganti yang minimal memiliki kemampuan setara.''Dari beberapa pertandingan, tanpa Alcorse juga bisa mencetak gol,” katanya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7860 seconds (0.1#10.140)