Loyalis Anas Minta KY Awasi Hakim Tipikor

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 16:42 WIB
Loyalis Anas Minta KY Awasi Hakim Tipikor
Loyalis Anas Minta KY Awasi Hakim Tipikor
A A A
JAKARTA - Loyalis Anas Urbaningrum dari Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI) menemui Komisioner Komisi Yudisial (KY), mereka meminta KY mengawasi hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang menangani kasus Anas, terdakwa kasus Hambalang.

Ketua KY Bidang Rekrutmen, Hakim Taufiqurrahman Syahuri mengatakan, pertemuan siang ini bersama dengan PPI cukup mendadak, PPI kata dia menilai hakim yang menangani kasus Anas sudah cukup fair dan bagus.

"Tapi mereka khawatir selama ini ada opini, kalau terdakwa korupsi itu harus dihukum, nah mereka khawatir nanti kalau dalam persidangan tidak terbukti, nanti hakim akan merasa ragu-ragu untuk membebaskan," kata Taufiqurrahman di Gedung KY, Jakarta Pusat, Jumat (22/8/2014).

Taufiqurrahman mengatakan, laporan PPI berbeda dengan pengaduan pada biasanya, KY sering diminta memantau mengawasi hakim apakah adil atau tidak, kalau permohonan PPI malah sebaliknya.

"Justru ingin memberikan dorongan moral kepada hakim, kalau memang tidak bersalah ya hakim harus memutus berani," ucapnya.

PPI sudah mengurus persyaratan secara administrasi, sehingga pada persidangan kasus Anas selanjutnya, KY sudah bisa memantau. Pasalnya, bisa komisioner atau staf KY yang langsung memantau persidangan.

"Sidang masih panjang, kami akan datang untuk melihat persidangan, kami apresiasi hakim, atas laporan ini mereka sangat fair dan itu sesuai dengan kode etik tidak parsial, ini harapan saya," tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2301 seconds (0.1#10.140)