Dahlan: Gaji Dirut Pertamina Rp200 Juta/Bulan

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 13:10 WIB
Dahlan: Gaji Dirut Pertamina Rp200 Juta/Bulan
Dahlan: Gaji Dirut Pertamina Rp200 Juta/Bulan
A A A
JAKARTA - Jabatan Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) memang banyak diincar oleh berbagai kalangan. Menjadi orang nomor satu di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) minyak dan gas (Migas) tersebut memang menggiurkan. Sebenarnya berapa gaji yang diperoleh oleh Dirut Pertamina per bulannya?

Menteri BUMN Dahlan Iskan menuturkan bahwa gaji pejabat nomor satu di Pertamina itu sangatlah besar. Per bulannya, jabatan yang hingga saat ini masih diemban oleh Karen Agustiawan adalah Rp200 juta.

"Besar lah, sekitar Rp200 juta," ungkap Dahlan ketika ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Bahkan mantan orang nomor satu di PLN ini menuturkan, gaji Dirut Pertamina lebih besar dibanding gajinya sebagai abdi negara. Oleh sebab itu, tak heran memimpin perusahaan negara sekelas Pertamina tidaklah mudah.

"Ya seperti itu, yang jelas berlipat-lipat gajinya daripada Menterinya. Menterinya aja enggak iri," tukas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengamat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) M Said Didu mengatakan, dengan mundurnya profesional di BUMN tersebut, mengindikasikan memimpin perusahaan milik negara tidak mudah.

"Mundurnya Karen (Dirut Pertamina Karen Agustiawan) tentu memberikan sinyal bahwa profesional seperti Karen ternyata memang sudah tidak kuat," katanya.

Mantan Sekretaris Kementerian BUMN tersebut melanjutkan, jumlah profesional BUMN yang mengundurkan diri hingga saat ini cukup banyak karena berbagai alasan. Pertama, menurut Said, karena ketidakjelasan pemerintah dalam memposisikan BUMN.‬
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6247 seconds (0.1#10.140)