Ditinggal Demonstran, Sejumlah Taman Pinggir Jalan Hancur

Kamis, 21 Agustus 2014 - 20:40 WIB
Ditinggal Demonstran, Sejumlah Taman Pinggir Jalan Hancur
Ditinggal Demonstran, Sejumlah Taman Pinggir Jalan Hancur
A A A
JAKARTA - Pasca demonstrasi dalam putusan hasil sidang sengketa Pilpres, taman di Jalan Jenderal Sudirman, hingga Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat porak poranda. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sendiri akan mulai melakukan pendataan kerusakan besok.

Pantauan di lokasi, sejak demo digelar sejumlah PKL yang mayoritas berasal dari Monas menjadikan jalur hijau pedestrian di Jalan Medan Merdeka Selatan, tepatnya di belakang Patung Jenderal Sudirman, sebagai tempat berjualan.

Pantauan di lapangan, puluhan PKL dengan berbagai jajanan menduduki taman trotoar yang berada tepat di seberang gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Di sepanjang jalur hijau pedestrian ini, para PKL dengan bebas menggelar lapak pakaian dan gerobak dagangan makanan. Imbasnya, rumput dan tanaman di taman trotoar itu rusak terinjak-terinjak dan kotor dipenuhi sampah jajanan.

Walau kondisinya demikian, ironisnya tidak ada satupun petugas Pertamanan ataupun Satpol PP yang terlihat berjaga dan mengusir PKL di lapangan.

Saat dikonfirmasi, Kabid Jalur Hijau Kota Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Temi Kendra Putera mengatakan belum bisa menghitung jumlah kerugian akibat kerusakan taman di Bundaran Bank Indoesia.

"Kita baru bisa hitung berapa kerugian tanaman yang rusak di taman itu besok. Mulai hari ini kita akan coba opname berapa kerusakan yang terjadi," katanya saat dihubungi, Kamis (21/8/2014).

Temi mengungkapkan, pihaknya sudah menerjunkan petugas ke lapangan untuk menghitung berapa volume dan jenis tanaman yang rusak di taman tersebut. Peninjauan itu, baru bisa diketahui esok dengan menghitung berapa tanaman, jenis dan volumenya yang rusak.

"Nanti dilihat apakah masih ada tanaman yang bisa kita selamatkan sebagian atau diganti," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5667 seconds (0.1#10.140)