Radar ATC Bandara Sepinggan Rusak, Satu Pesawat Dialihkan ke Makassar

Kamis, 21 Agustus 2014 - 18:41 WIB
Radar ATC Bandara Sepinggan Rusak, Satu Pesawat Dialihkan ke Makassar
Radar ATC Bandara Sepinggan Rusak, Satu Pesawat Dialihkan ke Makassar
A A A
BALIKPAPAN - Pengelola Bandara Sepinggan, Balikpapan, Rabu malam dan Kamis siang tadi disibukkan oleh kerusakan radar Air Traffic Control (ATC) atau pemandu lalu lintas udara.

Kerusakan terjadi sejak Rabu (20/8/2014) malam pukul 22.00 atau penerbangan terakhir, hingga Kamis siang. Akibatnya, lalu lintas penerbangan terganggu, baik pesawat yang akan mendarat ataupun yang akan lepas landas terpaksa dipandu secara manual/konvensional. Akibat kerusakan radar ATC Bandara Sepinggan selama 15 jam ini, ada pesawat yang harus dialihkan ke Makassar karena pertimbangan bahan bakar.

General Manager Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (AirNav Indonesia) Cabang Bandara Sepinggan Rury Maryun mengatakan, kerusakan radar dapat diperbaiki Kamis pagi tadi. Pada pukul 12.00, kondisinya kembali normal.

"Kerusakannya mulai malam jam 10 malam (Rabu), tapi penerbangan sudah selesai. Makanya pada saat itu diselesaikan, dibetulkan, masih ada buntutnyalah pagi. Pagi itu masih bisa diselesaikan dan siang ini sudah normal kembali, sehingga menggunakan radar kembali," terangnya, Kamis (21/8/2014).

Menurut Rury, masalah radar ATC yang rusak itu sudah hal yang biasa. Artinya, pengaturan tetap ada. "Seperti misalnya radar itu kita kembali ke konvensional. Bukan tidak melayani penerbangan, tetap melayani," sambungnya.

Rury tidak menyebutkan berapa penerbangan yang mengalami penundaan akibat radar ATC rusak. Namun dipastikan ada satu penerbangan yang awalnya mendarat ke Balikpapan dialihkan ke Makassar. "Ada satu pesawat yang divert ke Makassar. Itu penyebabnya adalah operator sebetulnya, karena sesuai prosedur dia kalau datang ke sini dia harus mempersiapkan fuel yang cukup, dengan adanya delay sedikit dia tidak bisa memprediksi ini," terangnya.

Namun Rury kembali menegaskan, tidak ada masalah dengan rusaknya radar di ATC Bandara Sepinggan. Hanya saja pihaknya memandu secara konvensional dengan mengandalkan komunikasi pilot secara lebih intensif dengan ATC termasuk menggunakan teropong.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4716 seconds (0.1#10.140)