Dahlan Klaim Balai Pustaka Pulih Pasca Hampir Kolaps

Kamis, 21 Agustus 2014 - 17:19 WIB
Dahlan Klaim Balai Pustaka Pulih Pasca Hampir Kolaps
Dahlan Klaim Balai Pustaka Pulih Pasca Hampir Kolaps
A A A
JAKARTA - PT Balai Pustaka (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang percetakan sempat hampir kolaps, lantaran tergerus oleh penerbit lain yang lebih modern.

Menanggapi hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan bahwa saat ini perusahaan berpelat merah tersebut mengalami perkembangan yang cukup baik, dan kondisi yang hampir kolaps diklaim telah pulih kembali.

"Rapim (Rapat Pimpinan) di Balai Pustaka, untuk menghargai belum pernah Rapim di sana. Yang disesalkan banyak sastrawan sebagai BUMN yang praktis mati alhamdulilah sudah sangat sehat," ucap Dahlan di Gedung MPR/DPR RI Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Mantan orang nomor satu di PLN ini menuturkan, saat ini Balai Pustaka telah kembali menerbitkan buku sastra kebanggaan para sastrawan dan budayawan.

Menurutnya, ketika dirinya mengambil rekomendasi dari konsultan yang meminta agar BUMN ini ditutup karena kalah saing dengan penerbit modern, Dahlan banyak diprotes oleh kalangan sastrawan dan budayawan.

"Begitu saya umumkan ditutup saja sesuai konsultan, protes luar biasa sastrawan dan budayawan karena sangat bersejarah. Saat ini Balai Pustaka sudah sangat sehat neraca negatif Rp30 miliar, harus sudah selesai reorganisasi kaya Jiwasraya bukunya bagus laba Rp5 miliar," jelas dia.

Dia mengaku ingin menjadikan Balai Pustaka menjadi ikon para sastrawan. "Yang penting sebagai pustaka Indonesia, menjadi icon para sastrawan, syukur alhamdulilah bisa sehat kembali," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5582 seconds (0.1#10.140)