Bank Pundi Gandeng Telkomsigma Kembangkan Teknologi Chip Card

Rabu, 20 Agustus 2014 - 19:21 WIB
Bank Pundi Gandeng Telkomsigma Kembangkan Teknologi Chip Card
Bank Pundi Gandeng Telkomsigma Kembangkan Teknologi Chip Card
A A A
JAKARTA - PT Bank Pundi Indonesia Tbk (BEKS) menggandeng PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) dalam pengembangan chip card layanan kartu. Perseroan siap mengembangkan standar keamanan National Standard Indonesia Chip Card Specification (NSICCS) dan penggunaan enam digit personal identification number (PIN).

Direktur Utama BEKS Paulus Wiranata mengatakan penggunaan solusi berbasis ICT terintegrasi ini akan mulai dilakukan. Teknologi chip card ini secara resmi baru akan mulai diberlakukan regulator pada awal 2016 mendatang. Sebelumnya Telkomsigma juga telah menjadi mitra perseroan untuk solusi dan layanan berbasis teknologi informasi.

"Meski secara regulasi penerapan penggunaan chipcard masih pada 2016, tetapi kami bergerak lebih awal. Kami mulai mengimplementasikan solusi chipcard di tahun ini. Sedangkanpenggunaan enam digit PIN telah mulai diimplementasikan sebelumnya," ujar Paulus dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Regulasi ini terkait surat edaran Bank Indonesia dengan nomor SE BI No.13/22/DASP. Kebijakan ini ditetapkan bank sentral sebagai tanda preventif dan meningkatkan keamanan transaksi keuangan melalui alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) seperti kartu kredit dan juga kartu debit.

Dengan demikian pada awal 2016 nanti, seluruh nasabah perseroan telah mulai menggunakan chipcard untuk melakukan transaksi yang menggunakan kartu. Implementasi kartu berbasis chip diakuinya memang tidak mudah.

Namun, perseroan tetap mendahulukan kenyamanan dan keamanan para nasabah dalam melakukan transaksi perbankan di Bank Pundi. "Saat ini kami memiliki lebih dari 150 ribu nasabah tabungan dengan jumlah kartu ATM yang mencapai 50 ribu," terangnya.

Paulus juga menambahkan, kebijakan BI ini merupakan tindakan preventif dan peningkatan keamanan bertransaksi keuangan melalui kartu, seperti kartu kredit dan kartu debit. Bank Pundi menilai penting untuk segera merespons kebijakan bank sentral tersebut.

Kedepan perserkan menargetkan juga akan mengembangkan kartu debit customize. Kartu debit ini akan memiliki keunggulan berupa gambar yang sesuai keinginan dan desainnya yang diinginkan sendiri untuk dicetak sebagai kartu.

“Kami akan selalu melakukan inovasi. Kartu ATM kami ada dua jenis yang generik berlogo Bank Pundi dan yang kedua customize yang bisa mendesain sendiri. Foto bisa dimasukan ke kartu atm kami,” ujarnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5115 seconds (0.1#10.140)