Jurnalis AS Ini Juga Bakal Dipenggal ISIS

Rabu, 20 Agustus 2014 - 14:42 WIB
Jurnalis AS Ini Juga Bakal Dipenggal ISIS
Jurnalis AS Ini Juga Bakal Dipenggal ISIS
A A A
RAQA - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah memenggal leher jurnalis Amerika Serikat (AS), James Wright Foley.

Kelompok yang telah berganti nama menjadi Negara Islam (IS) itu juga akan memenggal leher jurnalis AS lain yang mereka sandera, yakni Steven Joel Sotloff.

Eksekusi ISIS terhadap Foley telah dipublikasikan dalam sebuah video berjudul “Pesan untuk Amerika”. Sebelum lehernya dipenggal dengan pisau, Foley tampak berlutut di samping seorang militan ISIS yang mengenakan topeng hitam. (Baca: ISIS Penggal Leher Jurnalis Amerika)

Seteleh mengeksekusi jurnalis GlobalPost itu, militan ISIS menunjukkan wajah Sotloff. ”Kehidupan warga negara Amerika ini (Sotloff), tergantung pada keputusan Anda berikutnya, Obama,” kata militan ISIS dalam video tersebut.

Eksekusi terhadap Foley dilakukan militan ISIS di padang pasir, tanpa diketahui lokasinya. Video tu sempat muncul di YouTube Selasa malam, sebelum akhirnya dihapus karena melanggar kebijakan , yakni menayangkan adegan kekerasan ekstrem.

Sotloff, merupakan seorang jurnalis lepas yang bertugas di Mesir, Suriah, dan Libya. Dia bekerja untuk TIME, Christian Science Monitor, dan sejumlah media lain. Dia dilaporkan hilang pada 4 Agustus 2013 saat meliput di Aleppo, Suriah.

Jon Williams, seorang editor untuk ABC News, melalui Twitter menyarankan agar keluarga Sotloff menghindari untuk mengikuti pemberitaan terkait nasib Sotloff.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4061 seconds (0.1#10.140)