1 Mapala Tarantula Masih Hilang di Gunung Pilomateya

Rabu, 20 Agustus 2014 - 11:33 WIB
1 Mapala Tarantula Masih Hilang di Gunung Pilomateya
1 Mapala Tarantula Masih Hilang di Gunung Pilomateya
A A A
BONE - Puluhan mapala yang dikabarkan hilang usai memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi RI ke-69 di puncak Gunung Pilomateya, berhasil ditemukan Tim Basarnas, saat sedang turun ke lereng gunung, pukul 18.00 WITA.

Dari 42 mapala yang berhasil ditemukan, satu orang masih hilang, diketahui bernama Ramdan, anggota Mapala Tarantula Universitas Negeri Gorontalo.

Puluhan mapala yang ditemukan, terbagi dari beberepa kelompok. Mereka ditemukan saat sedang menuruni lereng gunung menuju perkampungan warga. Rata-rata kondisi mereka kelelahan, dan lemas, setelah dua hari tertahan di atas gunung.

Kemudian mereka langsung evakuasi ke sekretariat masing-masing mapala, dan sebagian lagi ke kantor Basarnas. Menurut salah seorang anggota mapala yang ditemukan, korban hilang tidak pernah mencapai puncak gunung.

Saat akan mendaki puncak puncak gunung Pilomateya yang disebut puncak merdeka, yang berada di ketinggian 1.745 meter di atas permukaan laut, mereka terhalang oleh cuaca buruk.

Akhirnya, upacara bendera yang rencananya dilaksanakan diketinggian 1.500 meter diatas permukaan laut pun batal dilaksanakan. Tetap Ramdan tidak puas. Dia bersama sembilan rekannya bersikeras mencapai puncak.

Saat balik dari puncak inilah Ramdan terpisah dari rombongan. Dua hari usaha pencarian yang dilakukan rekan-rekannya tidak membuahkan hasil, dan hingga saat ini keberadaan Ramdan tidak diketahui.

Sementara itu, pihak Universitas Negeri Gorontalo yang mengetahui mahasiswanya hilang, mengintruksikan kepada beberapa mapala Universitas Negeri Gorontalo untuk bekerjasama dengan Basarnas melakukan pencarian.

Saat ini, pihak Basarnas dan beberapa mapala masih melakukan pencarian korban hilang. Pihak Basarnas sendiri sejak semalam telah mendirikan posko di Desa Ilomata yang menjadi lokasi pintu masuk pendakian gunung Pilomateya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6387 seconds (0.1#10.140)