Warga Kalisoka Lestarikan Tradisi Baritan

Rabu, 20 Agustus 2014 - 05:00 WIB
Warga Kalisoka Lestarikan Tradisi Baritan
Warga Kalisoka Lestarikan Tradisi Baritan
A A A
KULONPROGO - Tradisi Baritan Agung masih dilestarikan oleh warga Pedukuhan Kalisoka, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Kegiatan ini menjadi bagian dari proses yang dilakukan masyarakat sebelum masa tanam padi dilakukan. Tradisi ini sudah dilaksanakan secara turun temurun ini.

Proses diawali dengan ziarah kubur ke makam sesepuh yang diyakini menjadi cikal bakal desa. Warga melanjutkan dengan mengambil air dari Sendang Lanang dan Wadon,yang dilanjutkan dengan kirab gunungan menuju areal persawahan.

Sesampai di persawahan dilakukan upacara dengan memanjatkan doa kepada sang Pencipta. Kemudian air dari dua sendang itu kemudian dikucurkan pada saluran irigasi.

“Tradisi ini dilakukan sebelum masa tanam dan sudah turun temurun," jelas Ketua panitia, Suhartoyo disela perayaan Baritan, Selasa (19/8/2014).

Baritan berasal dari kalimat Jawa, sebar uritan atau menebar benih. Upacara ini dilaksanakan pada Selasa Kliwon atau hari lain yang dianggap penanggalan Jawa sebagai hari yang baik.

“Ini bentuk doa dan harapan agar panenan nanti bisa baik,” jelasnya. Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat yang memiliki lahan di Bulak Kidul dan Barat Kalisoka.

Setidaknya ada 29 hektare lahan yang aktif mengikuti tradisi ini. Lokasi utama Baritan merupakan petilasan yang menjadi bagian dari daerah gerilya Pangeran Diponegoro dan wilayah di bawah pengayoman Nyi Ageng Serang.

Lokasinya bercirikan tumbuhnya pohon nogosari, cendana, gayam, kepel, keben, kemuning dan beringin. Konon, selain berperang, para pejuang di bawah pimpinan kedua pahlawan nasional tersebut juga menyentuh bidang pertanian.

“Kalau siang dulu mereka bertani sedangkan saat malam mereka olah prajurit dan olah rasa di persawahan wilayah tersebut,” kata Sutarno yang juga menjadi juru pelihara pesanggrahan Pangeran Diponegoro di Beku, Banjarharjo.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6914 seconds (0.1#10.140)