Alex Noerdin Terima Penghargaan Piala Adibasa

Senin, 18 Agustus 2014 - 18:02 WIB
Alex Noerdin Terima Penghargaan Piala Adibasa
Alex Noerdin Terima Penghargaan Piala Adibasa
A A A
PALEMBANG - Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin kembali menerima penghargaan setelah Bintang Mahaputra Utama.

Kali ini penghargaan yang diterima orang nomor satu di Sumsel ini berupa Piala Adibahasa yang datang dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Pemberian Piala Adibahasa yang diserahkan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh itu bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Bahasa Negara 2014 yang digelar di Sasana Kriya Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Ditempat yang sama juga berlangsung Seminar dan Lokakarya Lembaga Adat dengan Tema “Strategi dan Diplomasi Kebahasaan untuk mengembankan perdamaian : Bahasa Negara dalam Bingkai Kebinekaan”, yang diikuti 94 peserta perwakilan Lembaga Adat seluruh Indonesia.

Selain Gubernur Sumsel H alex Noerdin Penghargaan yang sama juga diterima Pemerintah Provinsi Nangroe Aceh Darusallam. Sedangkan untuk Tokoh Kebahasaan diterima oleh Psikolog Imam Prasojo dan Yudi Latief.

Menurut Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof Mahsun, Piala Adibahasa yang diberikan kepada Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, karena selama lima tahun kepemimpinannya telah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar secara konsisten di ruang publik.

Selain itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan jajarannya juga telah menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam tata kelola pemerintahan di Sumsel seperti dalam bentuk surat menyurat dan administrasi perkantoran lainnya.

Sementara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyatakan penghargaan yang telah diraihnya ini diharapkan dapat menjadi pemacu daerah-daerah lain di Indonesia untuk melakukan hal yang sama.

Selanjutnya M Nuh mengingatkan pentingnya membangkitkan Bahasa Indonesia sebagai identitas Budaya Bangsa.

"Karena bahasa selain menjadi sarana komunikasi juga merupakan pondasi dalam membangun bangsa yang berbudaya, " kata M Nuh.

Menurut M Nuh, pada Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia adalah Bahasa Negara dengan memperkaya kosa kata sehingga diharapkan anak anak mampu memberikan ekspresi dalam kesantunan berbahasa.

Sedangkan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumsel Widodo mengatakan, penghargaan ini adalah merupakan apresiasi pemerintah pusat melalui Kemendikbud kepada jajarannya atas keberhasilan dalam menerapkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Baik di ruang-ruang publik maupun dalam penerapan tata kelola pemerintahan. "Penghargaan seperti ini juga merupakan tatangan yan harus dipertahankan bahkan ditingkatkan agar kedepannya lebih baik lagi, " tandas Alex.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)