Sumsel Raih Penghargaan Anugrah Iptek Budhipura Kencana 2014

Senin, 11 Agustus 2014 - 23:00 WIB
Sumsel Raih Penghargaan Anugrah Iptek Budhipura Kencana 2014
Sumsel Raih Penghargaan Anugrah Iptek Budhipura Kencana 2014
A A A
PALEMBANG - Provinsi Sumatera Selatan meraih penghargaan Anugrah Iptek Budhipura Kencana 2014. Penghargaan di bidang teknologi ini diterima Wakil Gubernur Sumsel H Ishak Mekki dalam rangkaian Puncak Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke – 19 di Auditorium Gedung II BPPT Jalan MH Thamrin No 8 Jakarta Pusat, Senin (11/8/2014).

H Ishak Mekki menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Wakil Presiden Boediono.

Wakil Presiden RI Boediono mengatakan, salah satu masalah pada pelaksanaan strategi Iptek dari zaman pemerintahan BJ Habibie adalah koordinasi dan sinergi yang belum optimal diantara pelaku-pelaku.

"Saya pernah merasakan ketika menjadi anggota dewan riset nasional (DRN) tahun 80-an, betapa sulitnya mengkoordinasikan kegiatan teknologi agar mengarah pada satu tema yang konkrit, dan memberikan hasil sesuai dengan rencana," kata Boediono.
Menurut dia, jangan sampai ada dikotomi antara teknologi dan ekonomi seperti waktu dulu.

"Hal itu karena upaya untuk mentransformasikan bangsa dan ekonomi kita ke arah yang lebih baik, tidak bisa tanpa sinergi dari kedua kelompok itu, baik ekonom maupun teknologi,” tuturnya.

Boediono mengharapkan, agar ke depannya pemerintah harus terus berupaya dan bekerja keras untuk mewujudkan transformasi dari natural resource based economy menjadi knowledge based economy.

"Ini memang perjalanan panjang yang tidak cukup untuk dilaksanakan oleh satu atau dua kabinet pemerintahan saja," timpal Boediono.

Sementara itu, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia, Gusti Muhammad Hatta mengatakan ada beberapa capaian yang dihasilkan oleh Kemenristek pada peringatan Hakteknas tahun ini. Capaian tersebut meliputi bidang-bidang seperti pangan, energi, dan air.

Pelaksanaan kegiatan Hakteknas juga diisi dengan. Beragam kegiatan diantaranya, Musyawarah Perencanaan Nasional (Musrennas) Iptek, pameran hasil inovasi iptek anak bangsa (RITECH Expo), dan rangkaian seminar juga workshop.

Hakteknas merupakan wahana untuk membangun kebersamaan seluruh insan iptek dan juga merupakan sarana sosialisasi dan kapitalisasi capaian iptek untuk disampaikan ke publik.

Hakteknas diperingati 10 Agustus, karena waktu itu dimulainya Indonesia menerbangkan pesawat yang dibuat oleh putera Indonesia sendiri, yaitu penerbangan perdana N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995 di Bandung.

Itulah yang dijadikan tonggak sejarah kebangkitan teknologi nasional. Tahun ini, Hakteknas diperingati di tingkat pemerintah pusat maupun daerah dengan mengambil tema inovasi pangan, energi, dan air untuk daya saing bangsa atau yang disebut Food, Energy and Water (FEW).

Peringatan Hakteknas, juga bertujuan untuk mensosialisasikan iptek kepada masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa, mensosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan pengembangan iptek, serta terbangunnya kebersamaan antara pemangku kepentingan iptek.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3828 seconds (0.1#10.140)