Israel Mata-Matai Menlu AS

Senin, 04 Agustus 2014 - 13:23 WIB
Israel Mata-Matai Menlu AS
Israel Mata-Matai Menlu AS
A A A
BERLIN - Sebuah media di Jerman membuat laporan yang cukup mengejutkan. Menurut laporan Der Spigel, Israel dikabarkan melakukan tindakan mata-mata terhadap Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry.

Melansir Maan News, Senin (4/8/2014), Israel memata-matai Kerry selama proses perbicangan damai antara Israel dan Palestina tahun lalu. Kerry sendiri merupakan mediator dalam proses perbicangan damai itu.

Artikel itu mengatakan Israel dan setidaknya satu dinas rahasia lainnya mendengarkan pembicaraan Kerry saat ia mencoba menengahi perbicangan damai atara Palestina dan Israel.

Menurut Der Spigel, bila hal ini terbukti benar, bisa membuat hubungan AS dan Israel sedikit memanas. Selama proses perbincangan damai, Kerry memang kerap melakukan hubungan telepon dengan beberapa pejabat tingggi beberapa negara di kawasan Timur Tengah.

Perbicangan damai ini sendiri gagal setelah reunifikasi Palestina, dimana Hamas dan Fatah kembali bersatu yang ditentang oleh Israel.

"Pemerintah di Yerusalem menggunakan informasi yang mereka dapat dalam proses diplomatik di kawasan Timur Tengah,” ungkap salah satu sumber dalam artikel Der Spigel tersebut.

AS dan Israel sendiri belum memberikan komentar apapun mengenai laporan media Jerman itu.

Der Spigel pernah menjadi perbicangan hangat di Indonesia, setelah mereka menulis sebuah artikel tentang musisi kontroversial Indonesia, Ahmad Dhani. Media itu menulis mengenai Dhani yang memakai kostum yang mirip dengan seragam panglima tinggi NAZI.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5228 seconds (0.1#10.140)