Penyelidik Tembus Area MH17 usai Perang Berkecamuk

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 15:02 WIB
Penyelidik Tembus Area MH17 usai Perang Berkecamuk
Penyelidik Tembus Area MH17 usai Perang Berkecamuk
A A A
DONETSK - Penyelidikan internasional atas jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di Donetsk, Ukraina masih kembali dilakukan.

Polisi Belanda yang mengepalai penyelidikan internasional berhasil menembus lokasi tragedi MH17 sehari setelah perang antara pasukan Ukraina dan separatis pro-Rusia berkecamuk.

Kendati demikian, nyawa dari tim penyelidik internasional tetap terancam. ”Situasi keamanan masih sangat tidak stabil,” kata Pieter-Jaap Aalbersberg, kepala misi untuk pemulangan jenazah korban MH17, kepada wartawan di Kiev, Jumat (1/8/2014).

”Kami tidak benar-benar yakin jika kita bisa mencapai lokasi kecelakaan dengan seluruh tim ahli dalam waktu dekat, tapi kami lebih berharap dari apa yang telah kami capai kemarin,” lanjut dia.

Dalam situasi bahwa, tim jurnalis AFP mengikuti konvoi tim penyelidik internasional di belakang. Mereka mendengar ledakan keras hanya beberapa kilometer dari lokasi tragedi MH17.

Militer Ukraina sebelumnya mengumumkan "hari tenang" di seluruh Ukraina timur setelah ada permohonan dari Sekjen PBB, Ban Ki-moon untuk menghentikan pertempuran di sekitar lokasi jatuhnya MH17.

Pesawat MH17 jatuh di Donetsk pada 17 Juli 2014. Pesawat pembawa 298 orang itu jatuh diduga karena ditembak rudal. Semua orang di dalam pesawat tewas, termasuk 12 warga Indonesia yang menjadi penumpangnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4629 seconds (0.1#10.140)