Ini Penampakan Langka Suku Asli Amazon di Era Modern

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 14:18 WIB
Ini Penampakan Langka Suku Asli Amazon di Era Modern
Ini Penampakan Langka Suku Asli Amazon di Era Modern
A A A
ENVIRA - Penduduk asli hutan Amazon untuk pertama kalinya muncul di tengah-tengah masyarakat modern di Brazil. Mereka muncul untuk meminta senjata kapak dan pisau untuk melawan pembalak liar dan gembong narkoba.

Penampakan penduduk asli hutan Amazon itu terekam video. Mereka masih mengenakan pakaian dalam khas dan busur panah.

Video itu dirilis otoritas adat Brazil. Isi video itu, berupa percakapan penduduk asli Panoan, dengan penduduk asli Ashaninka, Brazil utara di sepanjang tepi Sungai Envira, dekat perbatasan Peru.

Dalam salah satu adegan, seorang penduduk etnis Ashaninka memberikan pisang dan celana dalam agar penduduk asli Panoan mendekat. Setelah mendapat pisang dan pakaian itu, penduduk asli Panoan kembali mundur dan menjaga jarak.

Para ahli Brazil mengatakan, masyarakat adat cenderung menyeberangi perbatasan Peru, karena menghadapi tekanan dari pembalakan liar dan perdagangan narkoba.

Warga pribumi di Brazil utara mengatakan, kontak awal penghuni asli hutan Amazon itu terjadi tanggal 26 Juni 2014. Adegan itu direkam tim dari Yayasan Nasional Indian Brazil (FUNAI) yang melakukan perjalanan ke wilayah terisolasi.

Carlos Travassos, pejabat FUNAI mengatakan, kemunculan penghuni asli hutan Amazon itu sangat singkat. Mereka dengan cepat masuk kembali ke hutan. ”Mereka bersiul dan membuat suara binatang," katanya, seperti dikutip news.com.au, Jumat (1/8/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3037 seconds (0.1#10.140)