Eks Jubir Gus Dur Sebut Sia-sia Bantah Berita WikiLeaks

Kamis, 31 Juli 2014 - 19:49 WIB
Eks Jubir Gus Dur Sebut Sia-sia Bantah Berita WikiLeaks
Eks Jubir Gus Dur Sebut Sia-sia Bantah Berita WikiLeaks
A A A
JAKARTA - Mantan Juru Bicara (Jubir) Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie M Massardi menyatakan, Wikileaks yang digagas Julian Assange bukanlah situs penyebar hoax atau kelompok jejaring media sosial (sosmed) yang kerjanya menebar fitnah, atas pesanan orang atau partai politik (parpol) tertentu.

Hal demikian dikatakannya menanggapi pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang membantah informasi terbaru WikiLeaks yang kemudian diberitakan Sindonews.com, tentang kasus dugaan korupsi proyek pencetakan uang kertas yang melibatkan dua perusahaan di Australia.

"Assange punya semangat membongkar berbagai rahasia, terutama dari Pemerintahan Amerika Serikat dan Australia, serta beberapa negara Eropa yang berhubungan dengan korupsi dan pelanggaran HAM," kata Adhie Massardi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Sindonews, Kamis (31/7/2014).

Jadi, menurut dia, apa yang diungkap WikiLeaks adalah fakta rahasia atau yang dirahasiakan negara tertentu demi menjaga hubungan baik.

"Sia-sia belaka kita membantah berita yang dilansir WikiLeaks. Apalagi bila yang membantah orang yang oleh rakyatnya sendiri dibilang pembohong," pungkas Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) itu.

Seperti diketahui, siang tadi, Presiden SBY menggelar jumpa pers di kediamannya, Puri Cikeas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jumpa pers itu sengaja digelar Presiden SBY menanggapi informasi terbaru yang dikeluarkan situs antikerahasiaan WikiLeaks tentang perintah pencegahan pemerintah Australia untuk mengungkap kasus dugaan korupsi para tokoh dan pemimpin Asia, termasuk SBY dan mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Dalam jumpa persnya, Presiden SBY membantah informasi WikiLeaks yang kemudian diberitakan Sindonews.com itu.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)