Macet Parah, Jalur Puncak Satu Arah Menuju Jakarta

Kamis, 31 Juli 2014 - 16:44 WIB
Macet Parah, Jalur Puncak Satu Arah Menuju Jakarta
Macet Parah, Jalur Puncak Satu Arah Menuju Jakarta
A A A
BOGOR - Untuk mengatasi kemacetan saat arus balik libur Lebaran, Polres Bogor pada pukul 16.00 WIB kembali memberlakukan one way di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat dengan memprioritaskan kendaraan yang datang dari Puncak menuju Jakarta, Kamis (31/7/2014).

Sebelum diberlakukan satu arah, kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak yang terjebak macet selepas Gerbang Tol Ciawi sejak pukul 13.00 WIB, dikuras dengan mempersilahkan menggunakan kedua lajur. Namun, hal tersebut hanya berlangsung lima menit.

"Karena kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta ekor antreannya sudah mencapai Taman Safari Indonesia (TSI) dan Riung Gunung, khawatir terjadi kepadatan hingga Cipanas, kita berlakukan one way," kata Kapolres Bogor AKBP Sonny Mulvianto saat ditemui di simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ia menjelaskan, pihaknya bersama Wakil Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jabar Brigjen Pol Rycko Almeyza Daniel memantau dan akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalur alternatif yang ada di kawasan Puncak.

"Rencananya, jalur-jalur alternatif yang ada di kawasan Puncak akan kita maksimalkan guna menghindari kemacetan panjang saat arus balik dan arus wisata," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Rycko Almeyza mengimbau kepada pengendara yang datang dari arah Bandung dan Cianjur menuju Jakarta agar menghindari jalur Puncak.

"Sebaiknya menggunakan jalur altenatif Cikalong Wetan, Cianjur nanti tembusnya di Jonggol hingga Cibubur, Jakarta," tandasnya.

Ia menambahkan, karena jika dipaksakan melalui jalur Puncak, kondisi kemacetan arus lalu lintas di kawasan Puncak sulit diatasi.

"Sebab volume kendaraan yang memasuki kawasan Puncak, tidak seimbang dengan kapasitas jalan," tandasnya.

One way kembali diberlakukan pada sore hari ini, dengan memprioritaskan kendaraan dari Puncak ke Jakarta, karena hingga siang tadi sudah terlihat lonjakan kendaraan arus balik lebaran yang datang dari berbagai daerah.

"Lonjakan pemudik yang hendak balik ke Jakarta diberbagai titik di jalur selatan dan Pantura sudah terlihat, dan tidak menutup kemungkinan banyak yang melalui jalur Puncak ini. Maka dari itu sebaiknya gunakan jalur-jalur alternatif yang ada, nanti diarahkan oleh petugas Polres Cianjur," paparnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0235 seconds (0.1#10.140)