Libur Lebaran, 3 in 1 dan Contra Flow Ditiadakan

Kamis, 31 Juli 2014 - 16:09 WIB
Libur Lebaran, 3 in 1 dan Contra Flow Ditiadakan
Libur Lebaran, 3 in 1 dan Contra Flow Ditiadakan
A A A
JAKARTA - Dengan berkurangnya kendaraan yang beroperasi di Ibu Kota. Maka selama liburan Lebaran ini pihak kepolisian dan Pemprov DKI tidak memberlakukan kebijakan 3 in 1 dan contra flow.

Kepala Bagian Operasional Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, keputusan ini bersifat sementara dan akan kembali diberlakukan pada pekan depan. "Selain libur bersama, pertimbangan lainnya adalah situasi lalu lintas di Jakarta yang relatif terkendali, dan karena masih suasana Lebaran," katanya.

Menurutnya, tidak diberlakukan kebijakan 3in1 di enam ruas jalan seperti di Jalan Jend Sudirman, MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, Majapahit, Sisimangaraja, dan simpang lampu merah Jalan Rasuna Said-Gatot Subroto-Jakarta Convention Center (JCC), sejak Senin (28/7) hingga Jumat (1/8/2014).

Hal serupa juga diterapkan pada sistem lawan arah (contra flow) di ruas tol dalam kota. Biasanya pada pagi hari kendaraan tujuan Grogol yang melaju dari arah Cawang, sengaja diarahkan untuk masuk jalur khusus tersebut. Tujuannya untuk menghindari macet yang kerap terjadi di pintu keluar Tegal Parang arah Kuningan, Jakarta Selatan.

Selain itu, pihaknya juga meniadakan car free day (CFD) pada Minggu (3/8) di Jalan MH Thamrin dan Jalan Sudirman. "Dengan demikian pengendara bisa menggunakan jalan itu untuk beraktifitas. Kalau minggu kedua Agustus dan seterusnya, CFD tetap diberlakukan dan jalan akan ditutup seperti biasa," tukasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5410 seconds (0.1#10.140)