Kepadatan di Puncak Diprediksi hingga Hari Minggu

Kamis, 31 Juli 2014 - 15:32 WIB
Kepadatan di Puncak Diprediksi hingga Hari Minggu
Kepadatan di Puncak Diprediksi hingga Hari Minggu
A A A
BOGOR - Polda Jawa Barat memprediksi kawasan Puncak akan terus dipadati kendaraan pribadi hingga H+7 mendatang.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jabar Brigjen Pol Rycko Almeyza Daniel mengatakan, rekayasa lalu lintas akan terus dilakukan guna mengurai kemacetan yang disebabkan meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya.

"Selain one way (satu jalur), kita juga akan mengarahkan ke sejumlah jalur alternatif bagi kendaraan yang datang dari arah Puncak menuju Jakarta," kata Brigjen Pol Rycko saat ditemui di Pos Polisi 2B National Traffic Management Center (NTMC) Polres Bogor, Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (31/7/2014).

Rycko memprediksi arus balik dan wisata akan terus terjadi hingga H+7 Lebaran atau pada Minggu (3/8/2014). Kawasan Puncak meski bukan merupakan jalur mudik, namun pada hari raya seperti ini, selalu menjadi pusat liburan warga Jabodetabek, Cianjur dan Bandung.

"Maka dari itu, kami imbau pengendara yang hendak menuju Puncak, karena kondisi jalan sudah tidak memungkinkan untuk menampung, sebaiknya gunakan jalur-jalur alternatif seperti Jonggol dan Sukabumi," katanya.

Berdasarkan pantauan hingga saat ini pihak Satuan Lalu Lintas Polres Bogor telah memberlakukan one way untuk kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Puncak. "One way kita berlakukan pada pukul 09.30 WIB hingga 13.30 WIB, dan saat ini jalur sudah dinormalkan kembali. Karena masih terjadi kepadatan, kami hanya melakukan pemenggalan-pemenggalan jalur di titik-titik kemacetan," ungkap Kasat Lantas Polres Bogor AKP Muhammad Chaniago.

Berdasarkan data diperoleh di Gerbang Tol Ciawi, H+2 kendaraan yang masuk lebih dari 30.000 unit roda empat dan lebih. Itu belum termasuk kendaraan yang datang melalui jalur alternatif.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4727 seconds (0.1#10.140)