Lagi, Pertempuran Tunda Investigasi MH17

Rabu, 30 Juli 2014 - 20:56 WIB
Lagi, Pertempuran Tunda Investigasi MH17
Lagi, Pertempuran Tunda Investigasi MH17
A A A
DONETSK - Pertempuran antara separatis pro-Rusia dan pasukan Ukraina membuat tim investigasi internasional kembali gagal mencapai lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17. Ini adalah kali keempat secara beruntun tim investigasi gagal untuk mencapai lokasi.

"Tidak akan ada konvoi yang di dalamnya terdapat ahli Belanda yang berhasil mencapai ke situs di mana penerbangan MH17 jatuh. Situasi sepanjang rute menuju ke situs itu sangat tidak aman untuk dilalui,” ungkap pemimpin penelitian dari Belanda, Pieter Jaap Aalbersberg.

Melansir Channel News Asia, Rabu (30/7/2014), separatis pro-Rusia melarang tim investigasi yang dipandu oleh Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) untuk memasuki lokasi jatuhnya MH17. Menurut pihak separatis, pelarangan ini dikarenakan situasi yang tidak kondisuf disekotar lokasi jatuhnya MH17.

"Setelah mempertimbangkan rute alternatif dan melakukan negosiasi dengan separatis, OSCE memutuskan tim investigasi akan kembali ke Donetsk," Aalbersberg menambahkan melalui sebuah pernyataan.

“Kami akan terus berusaha untuk mencapai lokasi kecelakaan dalam beberapa hari mendatang, tapi pertanyaannya saat ini adalah apakah kondisi di sana sudah cukup aman untuk bisa kami lalui,” ucap Aalbersberg.

Rusia sebelumnya menuduh pemerintah Ukraina sedang menutupi kejahatan mereka di Ukraina timur dengan melakukan serangan secara terus menerus. Kiev mencoba mencegah OSCE untuk bisa mendekati wilayah Donetsk.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3707 seconds (0.1#10.140)