Rusia: Kiev Coba Tutupi Kesalahan Mereka

Rabu, 30 Juli 2014 - 19:03 WIB
Rusia: Kiev Coba Tutupi Kesalahan Mereka
Rusia: Kiev Coba Tutupi Kesalahan Mereka
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia menilai, saat ini Ukraina sedang mencoba menutupi kejahatan yang mereka lakukan di Ukraina timur. Serangan yang terus mereka lakukan semata-mata untuk mencegah Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) mendatangi wilayah itu.

Melansir Russia Today, Rabu (30/7/2014), Rusia telah berkali-kali meminta Ukraina untuk menghentikan serangan agar OSCE bisa memaskui wilayah tersebut. Namun, hingga semalam, menurut Kementerian Luar Negeri Rusia, serangan masih terjadi di wilayah itu.

“Bila dilihat dari apa yang mereka lakukan, Kiev nampaknya takut para pengamat dari OSCE akan mendatangi wilayah itu (Donestk dan Gukovo) untuk melakukan pemantauan langsung keadaan di sana,” ungkap pihak Kementerian Luar Negeri Rusia.

Sementara 16 pengamat OSCE sendiri telah tiba di Gukovo kemarin, namun mereka belum bisa memasuki wilayah perbatasan Ukraina dan Rusia karena faktor kemanana. Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov sendiri menyambut keputusan OSCE untuk mengirimkan pengamat mereka ke wilayah perbatasan.

Ketua OSCE sekaligus Presiden Swiss Didier Burkhalter mengatakan, keputusan penyebaran pengamat di pos pemeriksaan di perbatasan Rusia-Ukraina ditujukan untuk membangun kepercayaan antara kedua belah pihak (Rusia-OSCE).

Sebelumnya diberitakan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko sendiri hanya menetapkan gencatan senjata di wilayah sekitar lokasi jatuhanya pesawat Malaysia Airliens (MAS) MH17. Sedangkan Rusia dan separatis meminta gencatan senjata di seluruh wilayah Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4586 seconds (0.1#10.140)