Belasan Pejuang Loyalis Assad Tewas Dibom Oposisi Suriah

Rabu, 30 Juli 2014 - 15:49 WIB
Belasan Pejuang Loyalis Assad Tewas Dibom Oposisi Suriah
Belasan Pejuang Loyalis Assad Tewas Dibom Oposisi Suriah
A A A
ALEPPO - Pasukan oposisi di Suriah meledakkan terowongan bawah tanah di Aleppo Selasa petang. Sebanyak 13 pejuang loyalis Presiden Suriah, Bashar al-Assad tewas dalam serangan itu.

Bom-bom itu ditempatkan di dua terowongan bawah tanah di sebuah kota bersejarah di Aleppo. Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia pada Rabu (30/7/2014), lokasi ledakan berada di dekat kantor polisi.

Menurut Observatorium serangan diduga dilakukan kelompok Brigade Islam yang selama ini memusuhi pasukan Assad. “Ledakan tersebut selain menewaskan para pejuang loyalis Assad juga menewaskan beberapa tentara Suriah,” tulis Daily Star, mengutip keterangan Observatorium.

Kantor berita negara Suriah tidak menjelaskan serangan itu. Aleppo selama ini menjadi wilayah yang diperebutkan pasukan Suriah dan pasukan oposisi atau pemberontak. Menurut Reuters, pasukan Assad selama ini kuat dalam menghadapi pemberontak karena dibantuk kelompok Hizbullah Libanon.

Pemberontak dan pasukan Assad sudah bertempur memperebutkan Aleppo sejak 2012. Wilayah itu dianggap penting karena menjadi jalur utama di sejumlah wilayah di Suriah.

Pasukan loyalis Assad saat ini tercaat berkuasa di sebagian besar wilayah Damaskus, yang meliputi wilayah Homs hingga pantai Mediterania barat. Sedangkan kelompok pemberontak, termasuk para militan radikal menguasai sebagian besar wilayah gurun di sebelah utara dan timur Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4060 seconds (0.1#10.140)