PBB: Permusuhan Israel-Hamas Harus Segera Diakhiri

Selasa, 29 Juli 2014 - 21:01 WIB
PBB: Permusuhan Israel-Hamas Harus Segera Diakhiri
PBB: Permusuhan Israel-Hamas Harus Segera Diakhiri
A A A
NEW YORK - Sekertaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menyerukan kepada Hamas dan Israel untuk mengakhiri permusuhan mereka. Ki-moon menilai, hal ini harus segera terealisasi bila tak ingin eskalasi di Gaza terus meningkat.

Melansir Xinhua, Jumat (29/7/2014), Ki-moon memang kerap menyatakan solusi utama untuk mengakhiri krisis di Gaza adalah dengan mengakhiri akar permasalahan konflik itu. Menurut Ki-moon, gencatan senjata saja tidaklah cukup untuk menyelesaikan konflik.

"Sekjen sangat mendesak semua pihak untuk menghindari eskalasi lebih lanjut saat ini. Dia mencatat, bahwa semua pihak harus memenuhi semua kewajiban di bawah hukum kemanusiaan internasional, erta menjaga proporsionalitas dalam setiap jenis respon militer," ungkap juru bicara Ki-moon melaui sebuah pernyataan.

Ki-moon juga menyatakan kekecewaan terhadap tindakan pemerintah Irael, di mana Israel menyebarkan selebaran yang berisi seruan kepada warga di Gaza utara untuk meninggalkan daerah tersebut bila tidak ingin menjadi korban serangan.

"Jika itu benar (penyebaran selebaran), ini akan memberikan dampak lebih buruk bagi warga sipil di daerah-daerah sekitar kota Gaza yang sudah mengalami penderitaan luar biasa,” pernyataan itu menambahkan.

Menurut juru bicara Ki-moon, saat ini pihaknya belum bisa mengkonfirmasi kebenaran akan kabar itu. Karena, PBB tidak memiliki tim atau perwakilan di wilayah Gaza utara. “Semakin banyak warga yang putus asa akan memasuki kota Gaza,” ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)