Doa Menghafal Alquran

Selasa, 29 Juli 2014 - 20:30 WIB
Doa Menghafal Alquran
Doa Menghafal Alquran
A A A
Menghafal Alquran berbeda dengan menghafal lainnya, karena dalam menghafal Alquran, tidak diperbolehkan berbeda secara redaksional dalam membacanya. Penghafal Alquran disebut hafiz. Hafiz yang secara kata kerjanya adalah kata hafaza (menjaga alquran).

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ
"Sesungguhnya kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya." (QS. Al-Hijr [9]: 9).

Allah SWT akan menjaga dan memeliharanya dari perubahan, penggantian, penyelewengan, penambahan, dan pengurangan. (HR. HR. At-Tirmidzi, dalam kitab ad-Da'awat)

Maka, menghafal Alquran adalah membacanya dengan jelas, mengamalkan isinya, dan menyibukkan diri dengan mentadaburi, mengambil kesimpulan, mempelajari, dan mengajarkannya.

Ketika Ali mengeluh kepada Rasulullah tentang hafalannya dan berkata, "Demi ayah dan ibuku, hafalan Alquran ini terlupakan dari ingatanku, dan aku tidak mampu mengembalikan hafalan itu."

Rasulullah bersabda,
الَلّهُمَّ أَنْ أَسْأَلُكَ أَنْ تُلَزِّمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابَكَ، كَمَا عَلَّمْتَنِيْ وَاْرُزقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يَرْضِيْكَ عَنّيِ.....
Allahumma an as aluka an tulazzima qalbii hifzha kitabaka, kama ‘allamtanii warzuqni an atluwahu ‘alan nahwilladzi yardhiika ‘annii.

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar memenuhi hatiku dengan hafalan akan kitab-Mu, sebagaimana Engkau mengajarkan kepadaku. Karuniakanlah kepadaku agar dapat membacanya sesuai dengan yang Engkau ridai dariku." (HR. At-Tirmidzi)

Demikianlah doa menghafal Alquran yang Rasulullah SAW ajarkan kepada Ali.

Semoga bermanfaat, sobat.

BOBBY HERWIBOWO
Kauny Quantum Memory
Menghafal Alquran Semudah Tersenyum
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2893 seconds (0.1#10.140)