Ribka Tuding Oknum BNP2TKI Terlibat Kasus Pemerasan TKI

Selasa, 29 Juli 2014 - 15:54 WIB
Ribka Tuding Oknum BNP2TKI Terlibat Kasus Pemerasan TKI
Ribka Tuding Oknum BNP2TKI Terlibat Kasus Pemerasan TKI
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning mengakui bahwa ada oknum petugas dari Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) yang ikut terlibat dalam kasus pemerasan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Bandara Soekarno Hatta.

"Iya lah, oknum pasti ada. Tapi oknum kan bisa melakukan itu karena jabatan dia," ujar Ribka di acara open house di Posko Perjuangan Rakyat (Pospera), Jalan Sukabumi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/7/2014).

Menurut dia, kasus pemerasan TKI di Bandara Soekarno Hatta sudah berlangsung bertahun-tahun. Dia pun mengaku pernah memergokinya.

Dia mengklaim bahwa DPR sejauh ini sudah melakukan kajian terkait persoalan pemerasan TKI ini. "Satgas TKI, tim khusus TKI yang antar komisi saja sudah. Sampai dipimpin pimpinan DPR juga enggak selesai," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri dan Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menggelar inspeksi mendadak di Kantor PT Angkasa Pura Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu 26 Juli 2014 dini hari.

Sebanyak 18 orang yang diduga pemeras TKI diamankan dalam kegiatan tersebut, yakni satu oknum anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat, dua oknum polisi, dan para calo yang kerap beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4690 seconds (0.1#10.140)