Kazakstan Tuan Rumah Tour de France ?

Senin, 28 Juli 2014 - 18:30 WIB
Kazakstan Tuan Rumah Tour de France ?
Kazakstan Tuan Rumah Tour de France ?
A A A
PARIS - Kazakstan akan menjadi tuan rumah lomba balap sepeda Tour de France. Hal tersebut memang baru wacana yang diungkapkan Presiden Federasi Sepeda Kazakstan Kairat Kelimbetov.

Kelimbetov ingin negaranya ditunjuk seperti Inggris yang mendapatkan kesempatan menjadi pembuka lomba balap sepeda bergengsi di dunia itu. Kelimbetov yang juga kepala bank sentral Kazakstan seperti dilansir reuters, Senin (28/7), mengatakan idenya tersebut sepertinya lelucon. Tapi, negeri di Asia Tengah yang kaya akan minyak tersebut sangat serius dan tengah bernegosiasi sebelum 2020.

Keinginan Kelimbetov ini bukan tanpa sebab. Pasalnya, juara Tour de France tahun ini adalah Vincenzo Nibali yang merupakan pembalap yang tergabung di tim Astana. Nah, tim Astana ini mendapatkan sokongan dana dari pemerintah Kazakstan.

"Ini seperti lelucon sekarang, tapi pengalaman Yorkshire (kawasan Inggris) ini sangat menarik bagi kami. Tour de France telah menjadi global dan juga bersepeda. Semua orang senang ketika lima juta orang turun ke jalan. Idenya adalah untuk satu hari membawanya ke Kazakhstan," katanya.

Untuk bisa menjadi tuan rumah pembuka lomba ini, Yorkshire perlu waktu tiga tahun. "Kami pun akan bisa melakukannya."
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6043 seconds (0.1#10.140)