PBB: Perang Sipil Ukraina Tewaskan 1.100 Jiwa

Senin, 28 Juli 2014 - 20:47 WIB
PBB: Perang Sipil Ukraina Tewaskan 1.100 Jiwa
PBB: Perang Sipil Ukraina Tewaskan 1.100 Jiwa
A A A
KIEV - PBB pada Senin (28/7/2014) mengeluarkan laporan mengenai perang sipil antara pemerintah Ukraina dan separatis di Ukraina timur. Dalam laporan PBB menyebutkan, setidaknya lebih dari 1.000 orang tewas semenjak April di wilayah itu.

Melansir Russia Today, laporan ini didasari dari analisis yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Satu hal yang lebih membuat miris adalah, analisis ini menunjukan jumlah itu merupakan korban minimum dari krisis yang terjadi di Ukraina.

“Menurut perkiraan WHO setidaknya 1.129 orang tewas di Ukraina timur semenjak April lalu akibat perang saudara antara separatis pro-Rusia dengan pemerintah Ukraina. 3.500 orang juga diperkirakan menjadi korban luka dalam konflik ini,” ungkap PBB melalui sebuah pernyataan.

Menurut laporan itu, meningkatnya jumlah korban akibat konflik ini karena penggunaan artileri bergerak yang menargetkan lokasi yang memiliki kepadatan penduduk tinggi. “Operasi militer di wilayah penduduk menyebabkan lonjakan korban tewas,” papar laporan itu.

Setidaknya 100 orang diperkirakan telah meninggalkan wilayah itu dengan terpaksa. Menurut beberapa laporan, banyak dari mereka yang mengungsi dari Ukraina timur yang memilih untuk menyebrang ke Rusia dibanding mengungsi ke wilayah Ukraina lainnya.

PBB mendesak kepada kedua belah pihak yang bertikai untuk lebih memikirkan nasib para warga sipil yang kerap menjadi korban dalam pertempuran. “Kedua belah pihak harus berusaha untuk mencegah jatuhnya korban sipil lebih banyak lagi,” tegas PBB.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3678 seconds (0.1#10.140)