Kerry: Rusia Harus Hentikan Pasok Senjata pada Separatis

Senin, 28 Juli 2014 - 16:54 WIB
Kerry: Rusia Harus Hentikan Pasok Senjata pada Separatis
Kerry: Rusia Harus Hentikan Pasok Senjata pada Separatis
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry menyatakan, Rusia harus menghentikan pengiriman senjata kepada separatis di Ukraina timur. Dia juga menolak klaim Rusia yang membantah telah memasok senjata separatis.

Melansir RIANOVOSTI, Senin (28/7/2014), Kerry menyampaikan langsung seruan tersebut kepada Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov melalui sambungan telepon semalam. AS terus menuduh Rusia sebagai pemasok senjata separatis di Ukraina timur.

“Selama melakukan panggilan telepon, Kerry mendesak Lavrov untuk menghentikan pengiriman senjata dan roket kepada separatis di Ukraina timur, dan mulai berkontrbusi untuk menstabilkan kondisi di wilayah itu,” ungkap Departemen Luar Negeri AS dalam sebuah pernyataan.

“Dia (Kerry) juga menolak sanggahan yang dikeluarkan Rusia mengenai keterlibatan Rusia dalam konflik yang terjadi di Uraina,” pernyataan itu menambahkan.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Rusia, tak lama berselang menyatakan, Lavrov menekankan kepada Kerry, bahwa semua pihak harus mulai bersatu dan melepaskan semua perbedaan. Lavrov juga menegaskan, pemerintah Ukaina harus segera mengumumkan gencatan senjata sebagai langkah awal perdamaian.

“Gencatan senjata harus segera dilaksanakan untuk bisa memulai pembicaraan damai antara separatis dan pemerintah Ukraina, agar konflik yang terjadi di wilayah itu bisa segera selesai,” ungkap kementerian itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4953 seconds (0.1#10.140)