Kapolri Nilai Pemeras TKI Tak Manusiawi

Senin, 28 Juli 2014 - 15:26 WIB
Kapolri Nilai Pemeras TKI Tak Manusiawi
Kapolri Nilai Pemeras TKI Tak Manusiawi
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan oknum-oknum yang melakukan pemerasan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) sangatlah tidak manusiawi.

"Mereka bekerja keras di negara lain. Bekerja keras untuk menghidupi keluarganya dan dirinya tapi malah diperas orang-orang ini. Ini tidak manusiawi," ujaranya ditemui seusai Salat Ied di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Senin (28/7/2014).

Menurut mantan Kabareskrim ini, adanya oknum-oknum pemeras menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, dia menegaskan bahwa kasus ini harus diselesaikan.

"Harus diselesaikan dalam aspek penegakan hukum," tuturnya.

Dia mengatakan telah lama memonitor tindak pemerasan tersebut. Menurutnya saat ini musim mudik, yang mana banyak TKI yang pulang ke Indonesia.

"Pada saat mudik TKI banyak pulang. Makanya kita temukan dan melakukan penangkapan terhadap belasan orang di sana yang akan kita proses untuk dilakukan penyidikan," paparnya.

Terkait dengan oknum Polri yang terlibat tentu akan dikenai pidana. Selain itu, juga akan dikenai sanksi disiplin dan kode etik.

"Kode etiknya apakah dia masih layak menjadi anggota Polisi. Kalau tidak layak jadi polisi dan kerjaannya meras aja kita harus berhentikan," terangnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9982 seconds (0.1#10.140)