Banjir, Bekasi Sediakan Pompa Air di Jalur Mudik

Sabtu, 26 Juli 2014 - 18:00 WIB
Banjir, Bekasi Sediakan Pompa Air di Jalur Mudik
Banjir, Bekasi Sediakan Pompa Air di Jalur Mudik
A A A
BEKASI - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Kota Bekasi sediakan pompa air di jalur mudik Lebaran 2014. Hal ini dilakukan, mengingat cuaca sedang tidak menentu.

"Ini memang cuaca sedang tidak menentu, hujan sedikit banjir, sebab Kalimalang lebih tinggi dibandingkan jalur pemudik," ungkap Kepala Satlantas Kota Bekasi Komisaris Heri Ompusunggu di Bekasi, Sabtu (26/7/2014).

Upaya pengadaan pompa air, lanjut Heri, diupayakan dengan bekerja sama dengan Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) merupakan langkah taktis yang telah dipersiapkan Satlantas sejak H-7.

"Pastinya kerja sama dengan pemerintah setempat, tinggal tunggu operasionalnya, jika dibutuhkan pasti akan kita gunakan," jelasnya.

Selain itu, dalam keadaan darurat, pihaknya juga akan mengerahkan personel untuk mengurangi genangan air secara manual. Sebab, kebanyakan di antara pemudik enggan melintas di jalan alternatif lainnya.

"Kalau dialihkan ke jalan lain, selain jalan utama, kebanyakan mereka enggan, makanya untuk keadaan darurat kita lakukan pembuangan genangan air secara manual," katanya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sumber daya manusia serta berbagai peralatan. Beberapa alat yang disiapkan seperti alat berat, delapan buah mesin pompa dan perahu.

Persiapan ini dilakukan untuk mengantisipasi godaan cuaca yang tidak menentu saat mudik Lebaran. Selain itu, dukungan logistik pun disiapkan.

"Untuk antisipasi lainnya, hari ini kita kuras dan angkut sampah yang menggenangi beberapa under pass," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6030 seconds (0.1#10.140)