Bulan Puasa, Sehari TKI Asal Blitar Kirim Rp900 Juta

Jum'at, 25 Juli 2014 - 20:23 WIB
Bulan Puasa, Sehari TKI Asal Blitar Kirim Rp900 Juta
Bulan Puasa, Sehari TKI Asal Blitar Kirim Rp900 Juta
A A A
BLITAR - Terhitung sejak awal puasa, pengiriman uang oleh pekerja luar negeri (buruh migran) melalui jasa Western Union (WU) PT Pos Indonesia Cabang Blitar meningkat pesat.

Rata rata uang dari luar negeri (LN) yang masuk ke Blitar berada di kisaran angka Rp800 juta-Rp 900 juta per hari. Tercatat hingga H-4 lebaran, total nilai transaksi mencapai kurang lebih Rp25 miliar.

"Dibandingkan hari biasa telah terjadi kenaikan transaksi kurang lebih 25%," ujar Kepala Kantor Pos Cabang Blitar Suparman kepada wartawan Jumat (27/7).

Mulai awal puasa, transaksi yang berlangsung di WU PT Pos Blitar mencapai 7900-8000 kali. Devisa tersebut terbesar berasal dari Negara Taiwan. Kemudian disusul Hong Kong, Malaysia dan Singapura.

Secara kuantitas, kata Suparman, jumlah yang ada sekarang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 7500 kali. "Sementara pada hari normal transaksi WU mencapai 6500 kali per bulan. Tentunya ini baru di WU, belum dari jasa yang lain," jelasnya.

Selain uang, jumlah paket barang LN yang masuk melalui PT Pos juga meningkat drastis.
Menurut keterangan Kepala Bagian Operasional PT Pos Blitar Saptono, terhitung H-10 hingga H-4 lebaran, peningkatan mencapai 60%.

"Total keseluruhan sudah ada 2000 paket yang masuk. Rata rata per hari sebanyak 40 paket barang. Kalau normal 10 paket, " ujarnya.

Setiap 40 paket memiliki berat timbangan hingga satu ton. Sebagian besar berisi pakaian jadi baru dan bekas. Kemudian sepatu, tas, barang elektronik dan makanan.

Selain dari negara Hong Kong, kata Saptono sebagian besar paket berasal dari Malaysia dan Singapura.

"Kalau paket yang dikirim dari Blitar ke LN biasanya makanan khas. Seperti sambel pecel, jenang dan jajanan wajik kletik, " pungkasnya.

Hal serupa juga terjadi di Kantor Pos Cabang Tulungagung. Dalam waktu 17 hari terakhir transaksi WU meningkat 56,25 persen.

"Transaksi WU meningkat menjadi 1.880 kali, Kata Agus Pamuji staf bagian audit mutu PT Pos Indonesia Cabang Tulungagung. Hanya sayangnya, PT Pos Tulungagung tidak bersedia menyebutkan besaran nominal uang di dalam transaksi tersebut.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0529 seconds (0.1#10.140)