Distribusi Cabai Terganggu Amblesnya Jembatan Comal

Jum'at, 25 Juli 2014 - 18:45 WIB
Distribusi Cabai Terganggu Amblesnya Jembatan Comal
Distribusi Cabai Terganggu Amblesnya Jembatan Comal
A A A
JAKARTA - Jembatan Comal yang terletak di wilayah Pantura Jawa Tengah beberapa waktu lalu ambles. Akibatnya jalan di sekitar jembatan yang menjadi ruas utama menuju Semarang tersebut macet total.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, peristiwa yang terjadi di tengah upaya pemerintah memperbaiki infrastruktur jelang arus mudik lebaran tersebut, mengakibatkan distribusi produk hortikultura khususnya cabai terganggu.

"Comal itu kenanya H-10 kalau enggak salah saya. Yang jadi masalah kalau dilihat dari distribusinya itu yang paling kena kalau menurut laporan di lapangan itu adalah masalah cabai," ucap dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Dia menyebutkan, harga cabai di Pasar Induk Kramat Jati pun bahkan sempat naik 3,6% karena distribusinya terganggu di Comal. Terlebih, hingga saat ini jembatan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan ringan saja.

"Musti muter (truk pengangkut hortikultura), sampai sekarang enggak boleh. Jadi muternya itu makan waktu kalau lagi normal 4 jam. Dengan muter itu biasanya 14 jam jadi 18 jam," imbuh Lutfi.

Dia menerangkan, yang sebelumnya truk pengangkut cabai tersebut bisa balik lagi setelah mengangkut ke Jakarta, namun karena peristiwa ini menjadi tertahan.

"Sentra dari hortikultura kan di Jawa Tengah, kenanya kan di Pemalang. Jadi kalau bawang merah enggak terganggu distribusinya karena dari Brebes. Tapi kalau cabai dari Boyolali kena," tukas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6674 seconds (0.1#10.140)