Tol Cijago Sumbang PBB Depok Rp3 M

Jum'at, 25 Juli 2014 - 15:29 WIB
Tol Cijago Sumbang PBB Depok Rp3 M
Tol Cijago Sumbang PBB Depok Rp3 M
A A A
DEPOK - Setelah rampung dan beroperasi, tol Cinere-Jagorawi (Cijago) kini tengah melanjutkan pembangunan tol Cijago seksi II.

Kepala Bidang Pendapatan II Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset (DPPKA) Kota Depok, Supian Suri mengatakan, potensi perolehan pajak bumi dan bangunan (PBB) terbesar di Kota Depok diperoleh dari pajak PBB jalan tol, baik tol Jagorawi maupun dalam kota.

"Nilai PBB dari jalan tol bisa mencapai Rp3 miliar," ujar Supian di Depok, Jumat (25/7/2014).

Selain itu, potensi PBB terbesar lainnya yaitu dari perusahaan-perusahaan yang ada di Depok. Di antaranya pabrik yang ada di Jalan Raya Bogor dan lapangan golf.

"Nilai PBB-nya bisa mencapai Rp200 juta, Rp400 juta. Perolehannya dari luas tanah dan bangunan pabrik, bukan dari omzet pabrik," terangnya.

Hingga saat ini, realisasi pendapatan PBB di Kota Depok diperkirakan mencapai 40% atau sebesar Rp50 miliar.

"Diperkirakan hingga target triwulan kedua realisasi pendapatan PBB bisa tercapai. Kita akan terus berjuang, biasanya masyarakat menjelang jatuh tempo akan berbondong-bondong membayar PBB. Selain itu potensi PBB yang besar juga belum banyak yang membayar," paparnya,

Sebagai upaya meningkatkan pendapatan asli daerah dari PBB, pihaknya memberikan hadiah undian berupa sepeda motor bagi wajib pajak yang membayar PBB tepat pada waktunya.

"Nanti menjelang jatuh tempo lagi akan kita undi dua motor lagi, ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat sekaligus merangsang untuk membayar PBB," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6205 seconds (0.1#10.140)