3+1 Tips Jaga Data Smartphone

Rabu, 30 Juli 2014 - 10:31 WIB
3+1 Tips Jaga Data Smartphone
3+1 Tips Jaga Data Smartphone
A A A
LONDON - Perlindungan smartphone tidak sebatas meletakkannya di tempat aman atau mengenakan kaca pelindung. Tapi juga perlindungan data-data yang terdapat dalam ponsel atau pun dalam karti mircroSD.

Dilansir dari Phonearena, untungnya smartphone yang kita miliki saat ini menawarkan beberapa pilihan untuk menjaga keamanan perangkat dan data. Pada smartphone, email selalu terbuka, tidak seperti komputer di rumah, ini menjadi salah satu alasan penting menjaga keamanan data Anda.

Berikut adalah tips untuk menjaga keamanan data smartphone Anda:

1. Gunakan password kuat, bukan PIN atau bahkan pola
Sebuah password berisikan susunan huruf acak, angka, dan simbol-simbol khusus digabungkan, lebih besar dari delapan karakter. Ini hal paling mudah dilakukan, jadi Anda bisa sedikit tenang jika ada orang lain mengambilnya.

2. Gunakan perangkat enkripsi
Bagi pemiliki iPhone, perangkat ini secara otomatis mengenkripsi data pada handset setelah Anda mengatur kode sandi atau password. Pada perangkat Android, perlu mengaktifkannya dalam pengaturan.

3. Gunakan VPN
Buat Anda berada di jaringan hotspot WiFi tapi tidak terjamin keamanannya, maka Virtual Private Network (VPN) adalah suatu keharusan. Ada puluhan pilihan terdapat pada toko Google Store dan di iTunes. Pastikan periksa pilihan Anda hati-hati. VPN membantu menjaga data Anda dari orang-orang yang mungkin bersembunyi di lingkungan jaringan terbuka.

4. Gunakan dienkripsi chatting apps
Buat Anda yang kerap melakukan chatting dengan aplikasi yang berbeda, pastikan aplikasi tersebut sudah dienkripsi, seperti di iOS, Android dan Windows Phone.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8607 seconds (0.1#10.140)