Remaja India Ini Punya 238 Gigi

Kamis, 24 Juli 2014 - 23:28 WIB
Remaja India Ini Punya 238 Gigi
Remaja India Ini Punya 238 Gigi
A A A
MUMBAI - Sebuah kondisi medis aneh menghinggapi seorang remaja India. Dia memiliki lebih dari 200 gigi di mulutnya, jumlah tersebut hampir delapan kali dari jumlah gigi orang dewasa, yang normalnya hanya memiliki 32 gigi.

Melansir Miror, Ashik Gaval (17) tidak menyangka bahwa terdapat tumpukan gigi di mulutnya. Dirinya hanya merasakan sakit selama tahun terakhir di wilayah mulutnya. Ia baru tahu hal ini setelah memeriksakan diri di dokter gigi di kota.

“Ashik mengalami penyakit yang disebut dengan komposit odontoma, di mana banyak tumpukan gigi di wilayah gusinya. Sebenarnya itu adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh di daerah mulut,” ungkap Dr Sunanda Dhiware dari rumah sakit JJ di Mumbai.

“Pada awalnya sangat sulit untuk memotong gigi-gigi itu, kami bahkan menggunakan palu dan pahat untuk bisa menghancurkan gigi itu. Setelah berhasil memecahkannya kami baru bisa membersihkan gigi itu,” Dhiware menambahkan.

Ayah Ashik, Suresh Gavai menyatakan pada awalnya tidak mengetahui sama sekali penyakit apa yang menghinggapi anaknya. “Saya takutnya dia terkena sebuah tumor ganas, oleh karena itu saya akhirnya membawa dia ke rumah sakit,” ucap Gavai.

Ashik sendiri masih menjalani proses pemulihan paska operasi. Pihak rumah sakit percaya, kasus ini bisa masuk dalam rekor dunia sebagai gigi yang paling banyak yang pernah diambil dari mulut seseoang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2750 seconds (0.1#10.140)