Gencatan Senjata Israel-Hamas Sulit Terwujud Dalam Waktu Dekat

Kamis, 24 Juli 2014 - 21:16 WIB
Gencatan Senjata Israel-Hamas Sulit Terwujud Dalam Waktu Dekat
Gencatan Senjata Israel-Hamas Sulit Terwujud Dalam Waktu Dekat
A A A
YARUSALEM - Menteri Ilmu Pengetahuan Israel, Yakoov Peri, memprediksi gencatan senjata antara Hamas dan Israel tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Menurut Peri, hingga saat ini dia belum melihat tanda-tanda akan adanya gencatan senjata.

Melansir Al Arabiya, Kamis (24/7/2014), dirinya menegaskan, saat ini fokus utama Israel adalah menghacurkan terowongan-terowongan yang dibuat oleh Hamas, yang mereka gunakan untuk menyusup ke wilayah Israel.

“Saya tidak melihat adanya tanda-tanda gencatan senjata akan dicapai dalam waktu dekat. Pasukan khusus Israel (IDF) sendiri masih terus melakukan operasi mereka di Gaza,” ungkap mantan Kepala Keamanan Israel tersebut.

Menurut dia, walaupun gencatan senajat akhirnya disepakati oleh kedua pihak, dirinya meragukan operasi darat yang bertujuan untuk menghancurkan terowongan itu akan dihentikan oleh pemerintah Israel.

"Bahkan, jika ada gencatan senjata kemanusiaan, kita akan terus mencari dan menghancurkan terowongan itu. Operasi semacam ini tidak bisa diselesaikaikan dalam waktu dua atau tiga hari,” ucap Peri.

Sementara itu, hingga saat ini Hamas masih menolak untuk menerima proposal gencatan senjata yang dimediasi Mesir. Menurut pihak Hamas, sudah harga mati jika ingin ada gencatan senjata Israel harus membuka blokade di Gaza.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5632 seconds (0.1#10.140)