Survei: Ekonomi Zona Euro Rebound

Kamis, 24 Juli 2014 - 18:56 WIB
Survei: Ekonomi Zona Euro Rebound
Survei: Ekonomi Zona Euro Rebound
A A A
BRUSSELS - Ekonomi Zona Euro menunjukkan tanda-tanda rebound pada Juli 2014, setelah beberapa bulan aktivitas melambat.

Dilansir dari CNBC, Kamis (24/7/2014), dalam survei yang dilakukan Markit, indikator utama indeks pembelian manajer (PMI) berada di angka 54 poin, naik dari 52,8 pada Juni.

Namun, ekonomi terbesar kedua di Zona Euro, Prancis menunjukkan tanda-tanda perlambatan lebih lanjut dengan pembacaan indeks 49,4 poin.

Menurut Markit, sektor manufaktur Prancis menunjukkan tanda-tanda penurunan tajam dan sektor jasa melambat. Hal ini mencerminkan permintaan internal yang suram dan rendahnya tingkat kepercayaan di kalangan bisnis dan rumah tangga. Di sisi lain, Jerman menunjukkan pertumbuhan yang kuat.

Survei secara luas dianggap sebagai indikator utama yang dapat diandalkan terhadap jalannya perekonomian, sebagai petunjuk kebangkitan negara-negara di Zona Euro yang terpukul puncak krisis utang sejak 2007.

"Namun, pertumbuhan pesanan sedikit melambat pada Juli di tengah ekspansi, terutama di bidang manufaktur yang sedang ditundukkan oleh kekhawatiran geopolitik, khususnya krisis yang meningkat di Ukraina," kata Markit.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4535 seconds (0.1#10.140)