Pertamina Harus Perkuat Hulu Migas

Rabu, 23 Juli 2014 - 14:42 WIB
Pertamina Harus Perkuat Hulu Migas
Pertamina Harus Perkuat Hulu Migas
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) diharapkan mampu meningkatkan keunggulan yang dimiliki atau kompetensi inti (core competency) di sektor hulu (upstream) minyak dan gas bumi (migas), sehingga tidak hanya menjadi penguasa di dalam negeri, namun mampu bersaing di kancah internasional.

Pengamat ekonomi energi Darmawan Prasodjo mengatakan, selama ini core competency Pertamina masih kurang terbangun di upstream. Untuk itu, perlu peningkatan kualitas kepemimpinan di bidang hulu di Pertamina.

"Selain itu, penggunaan teknologi masa lampau harus seluruhnya digantikan dengan teknologi termutakhir. Ini agar core competency bisa terbangun," kata Darmawan di Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Pernyataan tersebut menanggapi produksi minyak Pertamina EP, anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang tidak mencapai target. Saat ini, rata-rata produksinya sekitar 115 ribu barel per hari (bph) dari target sebanyak 128 ribu bph pada 2014.

Menurut Darmawan, negara perlu memberikan dukungan penuh terhadap badan usaha milik negara (BUMN) agar maju dan tidak hanya menguasai di tingkat domestik, namun bersaing di tingkat internasional.

"Untuk itu, diperlukan dukungan dari kepemimpinan nasional baik secara politik, kebijakan, capital, dan strategi agar Pertamina bisa menjadi perusahaan energi internasional," ujarnya.

Khusus di dalam negeri, menurut dia, kebijakan tersebut dibutuhkan agar Pertamina memiliki akses ke blok-blok migas yang lebih kecil resikonya.

"Selama ini Pertamina memiliki akses terhadap sumur-sumur tua. Apabila punya core competency, maka bisa merevitalisasi sumur-sumur yang sudah tua. Tapi nyatanya, saat ini recovery rig masih rendah," kata Darmawan.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4979 seconds (0.1#10.140)